PRAINSANWAHIDA, HAEKAL ARDY (2015) ANALISA PERBANDINGAN EFISIENSI BAHAN BAKAR PERTAMAX PADA MESIN MOBIL MAZDA BIANTE YANG MENGGUNAKAN PISTON STANDAR DAN PISTON BER-CAVITY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.Hal Cover.PDF Download (806kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.Abstrak.PDF Download (33kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3.BAB I.PDF Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB II)
4.BAB II.PDF Restricted to Registered users only Download (859kB) |
||
Text (BAB III)
5.BAB III.PDF Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
Text (BAB IV)
6.BAB IV.PDF Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
Text (BAB V)
7.BAB V.PDF Restricted to Registered users only Download (30kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8.Daftar Pustaka dan Lampiran.PDF Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang industri otomotif sangat pesat. Di Indonesia saja terdapat sekitar 104.118.969 unit kendaraan bermotor, 11.484.514 diantaranya adalah mobil penumpang/pribadi, (bps.go.id, 2013). Penggunaan bahan bakar adalah masalah utama bagi pengguna mesin otomotif, karena perbandingan energi bahan bakar yang menjadi energi berguna didalam mesin otomotif hanya 30%, 70% sisanya terbuang ke lingkungan dalam bentuk panas, getaran dan gas buang. Piston cavity adalah suatu bentuk piston yang dikembangkan oleh salah satu produsen otomotif internasional. Di kemas dalam suatu rangkaian teknologi baru yang disebut dengan Skyactiv Technology. Dalam teknologi ini, pada mesinnya digunakan Piston cavity atau piston berongga. Rongga pada bagian tengah-atas piston ini dimaksudkan agar campuran bahan bakar dan udara didalam silinder yang dikompresikan terpusat di satu titik, sehingga saat busi mengeluarkan bunga api ledakkan didalam silinder akan sangat cepat dan merata. Pengujian dilakukan dengan dua metode, yaitu Dynotest dan Uji Jalan. Kontribusi yang diberikan oleh Piston Cavity adalah sebagai berikut : 1. Rata-rata Daya Poros 4.65% lebih besar dari Piston Standard. 2. Rata-rata Momen Torsi 8.6% lebih besar dari Piston Standard. 3. Konsumsi bahan bakar 15.5% lebih efisien, dan 4. Efisiensi Thermal 21.1% lebih besar dari Piston Standard.
Actions (login required)
View Item |