HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA PEMAIN GAME ONLINE DI KOMUNITAS X JAKARTA

SUJIANTO, LUSYANA (2020) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA PEMAIN GAME ONLINE DI KOMUNITAS X JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. FILE COVER.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

This study aims to determine the relationship of self-control with consumptive behavior online gamers in the X Jakarta community. This research approach is carried out using a quantitative approach. The sample used in this study were 143 respondents both men and women with criteria that are owned as members of the online game community, employment status and also the age range below 20-40 years. Sampling of research using simple random sampling technique. In collecting data, the researchers used two measuring instruments, namely the selfcontrol scale (28 items) and the consumer behavior scale (26 items). Analysis techniques to test hypotheses using the Pearson Correlation technique. The results show that there is a significant relationship between self-control and consumptive behavior with a value of r = -0.305; p = 0.003. Key Words: Self Control, Consumptive Behavior, Psychology Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada pemain game online di komunitas X Jakarta. Pendekatan penelitian ini yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 143 responden baik laki-laki maupun perempuan dengan kriteria yang dimiliki sebagai anggota komunitas game online, status pekerjaan dan juga rentang usia dibawah 20 - 40 tahun. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simpel random sampling. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan dua alat ukur, yaitu skala kontrol diri (28 item) dan skala perilaku konsumtif (26 item). Teknik analisa untuk menguji hipotesa menggunakan teknik Korelasi Pearson. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif dengan nilai r = -0,305 ; p = 0,003. Key Words: Kontrol Diri, Perilaku Knsumtif, Psikologi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 23 092
NIM/NIDN Creators: 46115110113
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Perilaku Knsumtif, Psikologi
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 150.1-150.9 Standard Subdivisions of Psychology/Subdivisi Standar Dari Psikologi, Ilmu Jiwa
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 01 Jul 2023 08:48
Last Modified: 01 Jul 2023 08:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/78625

Actions (login required)

View Item View Item