AMELIA, FITRA (2023) KONSTRUKSI KOMUNIKASI KRISIS PEMERINTAH INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID 19. S2 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA.
|
Text (COVER)
55220120018 - Fitra Amelia - 02 Halaman Cover.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
55220120018 - Fitra Amelia - 03 Abstrak.pdf Download (51kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
55220120018 - Fitra Amelia - 04 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
||
Text (BAB II)
55220120018 - Fitra Amelia - 05 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text (BAB III)
55220120018 - Fitra Amelia - 06 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text (BAB IV)
55220120018 - Fitra Amelia - 07 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text (BAB V)
55220120018 - Fitra Amelia - 08 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
55220120018 - Fitra Amelia - 09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
55220120018 - Fitra Amelia - 10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (JURNAL)
55220120018 - Fitra Amelia - 11 Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
Abstract
ABSTRAK Pada akhir tahun 2019, masyarakat dunia dikejutkan oleh adanya virus Covid-19 yang ditemuka di Kota Wuhan Di Provsnsi Hubei, China. Hingga akhir Maret 2020, WHO menyatakan bahwa Corona Virus Disease-19 (Covid-19) merupakan pandemi. Pada saat krisis komunikasi merupakan kegiatan penting dalam manajemenin krisis. Terutama seperti di masa pandemi dimana masyarakat tentunya menantika informasi-informasi dari pemerintah, terkait kebijakankebijakan yang diterapkan dan juga update mengenai kasus Covid-19 di Indonesia. Tetapi komunikasi krisis disaat menangani krisis Covid-19 ini banyak menuai kritikan dari banyak pihak. Informasi yang diberitakan melalui media pasti memiliki nilai realitas. Gambaran realitas ini yang dibentuk oleh isi media massa yang kemudian menjadi dasar reaksi dan sikap masyarakat terhadap berbagai informasi yang diberitakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi yang dilakukan oleh media online Kompas.com dan Republika.co.id dalam analisis framing pemberitaan seputar Komunikasi Krisis Pemerintah di Masa Pandemi Covid 19. Adapun penelitian ini menggunakan teori Kontruksi Realitas Sosial oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Menurut Berger dan Luckmann, proses konstruksi sosial dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Internalisasi yang merupakan usaha mencurahkan atau mengekspresikan diri di dunia, baik melalui aktivitas mental maupun fisik, objektivasi yang mengacu pada hasil yang telah dicapai dari setiap kegiatan eksternalisasi manusia serta eksternalisasi yaitu penyerapan dunia objektif ke dalam kesadaran sehingga subjek individu dipengaruhi oleh struktur dunia sosial. Penelitian ini menggunakan paradigma krontuktivis, tipe penelitian bersifat deskriptif kualitatif dan menggunakan metode penelitian analisis framing. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian framing milik Robert N. Entman yang membagi perangkat framing kedalam empat elemen, yaitu define problem, diagnose causes, make moral judgement, dan treatment recommendation. Hingga pada akhirnya peneliti mendapat simpulan bahwa media online Kompas.com dan Republika.co.id mencoba mengontruksi bahwa komunikasi pemerintah yang terjadi selama masa pandemi Covid-19 begitu berantakan dengan banyaknya inkonsitensi yang terjadi diantara presiden dan jajaran kabinetnya. Tetapi Kompas.com lebih berani mengkonstruksi berita tentang komunikasi krisis pemerintah dibandingkan dengan Republika.co.id hal ini dipengaruhi oleh kepemilikan media. Erick Thohir memiliki kepentingan politik dengan Jokowi dan Ma'ruf Amin adalah tokoh Islam berpengaruh di Indonesia, dan pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mana Republika.co.id sangat erat kaitannya dengan ideologi Islam. Kata Kunci: Covid-19, Komunikasi Krisis, Kontruksi Realitas, Media Online, Analisis Framing
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55220120018 |
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Komunikasi Krisis, Kontruksi Realitas, Media Online, Analisis Framing |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 384 Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nasruddin Mansyur S.Hum |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 08:24 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 08:45 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/78189 |
Actions (login required)
View Item |