PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ASSHODRIYAHISLAMICSCHOOL SEBAGAI MEDIA PELAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE OKTOBER-DESEMBER 2022

PERDIANSYAH, ALFIN (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ASSHODRIYAHISLAMICSCHOOL SEBAGAI MEDIA PELAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT PERIODE OKTOBER-DESEMBER 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44219210079 - Alfin Perdiansyah - 01 Cover.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210079 - Alfin Perdiansyah - 02 Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
44219210079 - Alfin Perdiansyah - 03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
44219210079 - Alfin Perdiansyah - 04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
44219210079 - Alfin Perdiansyah - 05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
44219210079 - Alfin Perdiansyah - 06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text
44219210079 - Alfin Perdiansyah - 07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
44219210079 - Alfin Perdiansyah - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
44219210079 - Alfin Perdiansyah - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Perubahan zaman mendorong terjadinya perkembangan teknologi dalam kehidupan masyarakat. Perkembangan teknologi membawa perubahan aktivitas media sosial seperti Instagram sudah menjadi media yang dibutuhkan oleh setiap khalayak terutama dalam memberikan informasi sekolah. Asshodriyah Islamic School menjadi salah satu instansi Pendidikan yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media pelayanan informasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram pada akun @asshodriyahislamicschool yang difungsikan sebagai media pelayanan informasinya melalui konten-kontennya dalam meningkatkan engagement periode Oktober-Desember 2022 menggunakan teori Empat Langkah PR (Four Step Of PR) mencakup Fact Finding, Planing, Implementation dan Evaluation yang diperkenalkan oleh Cutlip & Center. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi melalui media sosial Instagram @asshodriyahislamicschool. Hasil dari penelitian ini menunjukan kerutinitasan dari media sosial Instagram @asshodriyahislamicschool dalam mengunggah konten informasi dan edukasi, dalam periode bulan November 2022-bulan Januari 2023 mengalami kenaikan follower sebesar 200an followers. Dengan menfaatkan media sosial Instagram sebagai media pelayanan informasinya, Asshodriyah Islamic School mengalami kenaikan jumlah pendaftar siswa baru dari tahun ajaran 2021 ke tahun ajaran 2022. Pada tahun 2021 Asshodriyah Islamic School memiliki 67 pendaftar siswa didik baru, yang kemudian di tahun 2022 mengalami peningkatan jumlah siswa sebanyak 83 pendaftar siswa didik baru. Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Engagement ABSTRACT Changing times encourage technological developments in people's lives. Technological developments have brought about changes in social media activities such as Instagram, which has become a medium that is needed by every audience, especially in providing school information. Asshodriyah Islamic School is one of the educational institutions that utilizes Instagram social media as an information service medium. This study aims to find out how to use Instagram social media on the @asshodriyahislamicschool account which functions as a medium for information services through its content in increasing engagement for the OctoberDecember 2022 period using the Four Step Of PR theory which includes Fact Finding, Planning, Implementation and Evaluation introduced by Cutlip & Center. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. In this study, data collection techniques were carried out using interviews, observation and documentation via social media Instagram @asshodriyahislamicschool. The results of this study show that the routine of social media Instagram @asshodriyahislamicschool in uploading information and educational content, in the period November 2022-January 2023 has increased by 200 followers. By utilizing Instagram social media as a media for its information services, Asshodriyah Islamic School has experienced an increase in the number of new student applicants from the 2021 school year to the 2022 academic year. In 2021 Asshodriyah Islamic School has 67 new student applicants, which will then increase in 2022 as many as 83 new student applicants. Keywords : Social Media, Instagram, Engagement

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 23 043
NIM/NIDN Creators: 44219210079
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Engagement
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 May 2023 06:06
Last Modified: 23 May 2023 06:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77558

Actions (login required)

View Item View Item