PUTRI, SEPTIANY EKA (2023) PENGARUH FITUR INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIAL DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI (SURVEY PADA PENGIKUT AKUN @FOLKATIVE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
44219210073 - SEPTIANY EKA PUTRI - 01 COVER.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
44219210073 - SEPTIANY EKA PUTRI - 02. ABSTRAK.pdf Download (40kB) | Preview |
|
Text
44219210073 - SEPTIANY EKA PUTRI - 03. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text
44219210073 - SEPTIANY EKA PUTRI - 04. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text
44219210073 - SEPTIANY EKA PUTRI - 05. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text
44219210073 - SEPTIANY EKA PUTRI - 06. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text
44219210073 - SEPTIANY EKA PUTRI - 07. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
||
Text
44219210073 - SEPTIANY EKA PUTRI - 08. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text
44219210073 - SEPTIANY EKA PUTRI - 09. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
Abstract
ABSTRAK Dengan adanya media sosial, informasi yang dibutukan oleh seseorang pun akan mudah di akses dan lebih cepat dalam mendapatkan suatu informasi. Salah satu media sosial yang saat ini cukup besar penpengaruh serta keberadaannya di indonesia adalah sosial media instargram. Instagram saat ini pengguna instagram di insonesia saat ini menempati peringkat ke-4 terbesar di dunia sehingga sangat potensial sebagai sumber informasi bagi masyarakat masa kini. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh fitur instagram sebagai media sosial dalam memenuhi kebutuhan informasi (survei pada pengikut akun @folkative )? Berdasarkan teori Kebutuhan Informasi Setiap orang membutuhkan informasi sebagai bagian dari tuntutan kehidupannya, penunjang kegiatannya, dan pemenuhan kebutuhannya. Setidaknya yang utama adalah sebagai data dan fakta yang membuktikan adanya suatu kebenaran,sebagai penjelas hal-hal yang sebelumnya meragukan, sebagai prediksi untuk peristiwa-peristiwa yang mungkin akan terjadi pada masa yang akan datang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yakni metode survey yang dilaksanakan pada pengikut Instagram @Folkative dengan jumlah 100 orang yang ditetapkan berdasarkan rumus sampling. Berdasarkan Hasil output memberikan nilai unstandardized beta Variabel X pada persamaan 1 sebesar 2.282 dan signifikansi pada <0,05 yang berarti Variabel X mempengaruhi Variabel Y. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Hipotesis Penelitian ini diterima yang berarti penggunaan fitur Instagram berpengaruh pada kebutuhan Informasi Followersnya. Kata Kunci : Instagram, Social Media, Kebutuhan Informasi ABSTRACT With social media, the information needed by someone will be easily accessible and faster in getting information. One of the social media that is currently quite influential and has a presence in Indonesia is social media Instagram. Instagram is currently the 4th largest Instagram user in Indonesia, so it is very potential as a source of information for today's society. The purpose of this research is to find out whether Instagram @Folkative social media is used effectively in fulfilling the information needs of its followers. based on the theory of Information Needs Everyone needs information as part of the demands of his life, supporting his activities, and fulfilling his needs. At least the main thing is as data and facts that prove the existence of a truth, as an explanation of things that were previously doubtful, as predictions for events that might occur in the future.The type of research used in this research is descriptive research using a quantitative approach. The research method used is a survey method carried out on @Folkative Instagram followers with a total of 100 people determined based on the sampling formula. based on the output results, it gives an unstandardized beta value of Variable X in equation 1 of 2,282 and a significance of <0%5, which means that Variable X affects Variable Y. So it can be stated that the research hypothesis is accepted, which means that the use of Instagram features affects the information needs of its followers. Keywords: Instagram, Social Media, Information Need
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR 23 040 |
NIM/NIDN Creators: | 44219210073 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Social Media, Kebutuhan Informasi |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 23 May 2023 05:52 |
Last Modified: | 23 May 2023 05:52 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77553 |
Actions (login required)
View Item |