PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI COFFEE SHOP TJANGKIR KOPI (STUDI DILAKUKAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @TJANGKIR.KOPI)

NAUFAL, RAHMAN (2023) PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI COFFEE SHOP TJANGKIR KOPI (STUDI DILAKUKAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @TJANGKIR.KOPI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44219210064 - Rahman Naufal - 01 Cover.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210064 - Rahman Naufal - 02 Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
44219210064 - Rahman Naufal - 03 BAB 1 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
44219210064 - Rahman Naufal - 04 BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
44219210064 - Rahman Naufal - 05 BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
44219210064 - Rahman Naufal - 06 BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text
44219210064 - Rahman Naufal - 07 BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
44219210064 - Rahman Naufal - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
44219210064 - Rahman Naufal - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini sangat ramai bisnis pada bidang penjualan kopi, salah satunya yaitu Tjangkirkopi. Tjangkirkopi resmi berdiri sejak Januari 2017. Tjangkirkopi mengandalkan media sosial Instagram untuk memperkenalkan tempatnya dan menarik perhatian para pelanggan maupun calon pelanggan nya. Instagram menjadi salah satu media sosial terbesar, yang dapat di manfaatkan sebagai media komunikasi dan media informasi pada suatu usaha. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini yaitu adalah untuk mengetahui bagaimana Tjangkirkopi menggunakan media sosial instagram sebagai media komunikasi pada coffee shop Tjangkirkopi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan paradigma post- positivisme. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teknik wawancara mendalam dengan narasumber, observasi pada instagram @Tjangkir.kopi dan dokumentasi. Pada Penelitian ini menggunakan teori Media Komunikasi dan Media Sosial untuk menggambarkan pemanfaatan yang dilakukan pada akun instagram @Tjangkirkopi. Bentuk dari media komunikasi tersebut adalah dengan memberi informasi kelebihan apa saja yang dimiliki pada coffee shop Tjangkirkopi. Dengan media sosial instagram Tjangkirkopi memberikan informasi akan lokasi, menu, event, promo dan informasi penting dari coffee shop tersebut. Penerapannya itu dilakukan dengan me-repost ulang yang telah followers mereka posting di akun @Tjangkir.kopi saat mereka membuat sebuah Instagram story seperti men-tag akun Instagram @Tjangkir.kopi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan pada pemanfaatan dan pengelolaan akun Instagram. Bahwa instagram @Tjangkir.kopi cukup aktif dan memberikan informasi yang dapat menarik publik serta dapat menjadi sarana penyebaran informasi dan komunikasi dari coffee shop Tjangkirkopi itu sendiri. Diharapkan penanggung jawab (admin) pada akun media sosial instagram @Tjangkir.kopi, agar kedepannya akun media sosial instagram lebih tertata dalam membuat dan memposting konten, lalu terjadwalnya waktu dalam penguggahan konten. Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Media Komunikasi ABSTRACT Currently there are very many businesses in the field of selling coffee, one of which is Tjangkirkopi. Tjangirkopi was officially established in January 2017. Tjangirkopi relies on social media Instagram to introduce its place and attract the attention of its customers and potential customers. Instagram is one of the largest social media, which can be used as a medium of communication and information media for a business. The goal to be achieved in this research is to find out how Tjangkirkopi uses Instagram social media as a medium of communication at the Tjangkirkopi coffee shop. The method used in this study is a qualitative descriptive study with a postpositivism paradigm. In addition, this study also used in-depth interview techniques with informants, observations on Instagram @Tjangkir.kopi and documentation. This study uses the theory of Communication Media and Social Media to describe the use made on the @Tjangkirkopi Instagram account. The form of this communication media is by giving information about the advantages possessed by the Tjangkirkopi coffee shop. With Instagram social media, Tjangkirkopi provides information on locations, menus, events, promos and important information from the coffee shop. The application is done by reposting what their followers have posted on the @Tjangkir.kopi account when they make an Instagram story, such as tagging the Instagram account @Tjangkir.kopi. The results of this study can be concluded on the utilization and management of Instagram accounts. That Instagram @Tjangkir.kopi is quite active and provides information that can attract the public and can be a means of disseminating information and communication from the Tjangkirkopi coffee shop itself. It is hoped that in the future the person in charge (admin) on the Instagram social media account @Tjangkir.kopi, so that in the future Instagram social media accounts are more organized in creating and posting content, then the timetable for uploading content. Keywords: Social Media, Instagram, Communication Media

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 23 035
NIM/NIDN Creators: 44219210064
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Media Komunikasi
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 May 2023 05:27
Last Modified: 23 May 2023 05:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77547

Actions (login required)

View Item View Item