AZHARA, LUQYANA AISAH (2023) STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA PUBLIK PADA PROGRAM BANK SAMPAH DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI DKI JAKARTA (PERIODE DESEMBER 2022 – JANUARI 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
44219210059 - Luqyana Aisah Azhara - 01 Cover.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
44219210059 - Luqyana Aisah Azhara - 02 Abstrak.pdf Download (36kB) | Preview |
|
Text
44219210059 - Luqyana Aisah Azhara - 03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text
44219210059 - Luqyana Aisah Azhara - 04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text
44219210059 - Luqyana Aisah Azhara - 05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
Text
44219210059 - Luqyana Aisah Azhara - 06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
||
Text
44219210059 - Luqyana Aisah Azhara - 07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
Text
44219210059 - Luqyana Aisah Azhara - 09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
||
Text
44219210059 - Luqyana Aisah Azhara - 10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
Abstract
ABSTRAK Sampah menjadi permasalahan Nasional di Ibu Kota Jakarta yang sulit dihindari karena terus meningkatnya populasi penduduk yang menyebabkan terus meningkatnya populasi sampah. Dinas Lingkungan Hidup sebagai badan publik mengembangkan inovasi dengan mengeluarkan program Bank Sampah guna mengurangi populasi sampah. Melalui program ini DLH melakukan sosialisasi dengan melibatkan masyarakat dalam program Bank Sampah guna mengurangi sampah dari sumbernya yaitu rumah tangga dengan tujuan untuk mengetahui strategi Humas pada program Bank Sampah dalam meningkatkan citra publik DLH. Kajian teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Humas, Humas, dan Citra Publik. Strategi yang digunakan adalah Strategi Humas menurut Ruslan dengan 7 tahapan diantaranya: publikasi, acara, berita, citra, kepedulian kepada komunitas, lobi dan negosiasi, dan tanggung jawab sosial. Paradigma penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data secara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam yang dilakukan dengan 5 orang informan yaitu: Sub Koordinator Penyuluhan dan Humas DLH, Sub Koordinator Bina Usaha Lingkungan dan Kebersihan DLH, PJLP petugas 3R dibidang pengolahan sampah, dan masyarakat. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan strategi Humas yang dilakukan oleh Humas Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta adalah melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan atau program yang dijalankan serta membangun hubungan baik dengan masyarakat secara personal melalui offline maupun online. Humas Dinas Lingkungan Hidup juga bertindak sebagai fasilitator komunikasi yang bertindak sebagai komunikator dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat. Kendala yang dihadapi oleh DLH saat ini, masih banyak masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya memilah dan mengolah sampah disumber. Kata Kunci: Strategi Humas, Humas, Citra Publik ABSTRAK Garbage is a national problem in the capital city of Jakarta which is difficult to avoid due to the continued increase in the population which causes the waste population to continue to increase. The Environmental Service as a public agency develops innovations by issuing a Garbage Bank program to reduce the waste population. Through this program DLH conducts socialization by involving the community in the Garbage Bank program to reduce waste from the source, namely households with the aim of knowing the Public Relations strategy of the Garbage Bank program in improving DLH's public image. The theoretical studies used in this research are Public Relations Strategy, Public Relations, and Public Image. The strategy used is the Public Relations Strategy according to Ruslan with 7 stages including: publications, events, news, image, concern for the community, lobbying and negotiations, and social responsibility. The research paradigm uses a constructivism paradigm with a qualitative descriptive research method and uses data collection techniques by means of observation, documentation and in-depth interviews conducted with 5 informants, namely: DLH Extension and Public Relations Sub-Coordinator, DLH Environment and Cleaning Business Development Sub-Coordinator, PJLP 3R officer in the field of waste management, and society. The data validity technique used is source triangulation. The results of the research show that the Public Relations strategy carried out by the DKI Jakarta Provincial Public Relations Office is to involve the community in every activity or program that is carried out and to build good relationships with the community personally through offline and online. Public Relations of the Environmental Service also acts as a communication facilitator who acts as a communicator in disseminating information to the public. The obstacle currently faced by DLH is that there are still many people who are not aware of the importance of sorting and processing waste at its source. Keyword: Public Relations Strategy, Public Relations, Public Image
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR 23 033 |
NIM/NIDN Creators: | 44219210059 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Humas, Humas, Citra Publik |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 23 May 2023 05:14 |
Last Modified: | 23 May 2023 05:14 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77545 |
Actions (login required)
View Item |