PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI MEDIA PEMBENTUK CITRA DIRI GEN Z

PUTRI, DELMIRA AMELIA (2023) PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL TWITTER SEBAGAI MEDIA PEMBENTUK CITRA DIRI GEN Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44219210048 - Delmira Amelia Putri - 01 Cover.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210048 - Delmira Amelia Putri - 02 Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
44219210048 - Delmira Amelia Putri - 03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
44219210048 - Delmira Amelia Putri - 04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
44219210048 - Delmira Amelia Putri - 05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
44219210048 - Delmira Amelia Putri - 06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
44219210048 - Delmira Amelia Putri - 07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
44219210048 - Delmira Amelia Putri - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
44219210048 - Delmira Amelia Putri - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)

Abstract

ABSTRAK Twitter menjadi salah satu platform digital yang digunakan para generasi Z untuk mencari tahu akan informasi yang sedang booming saat ini, selain itu kita juga bisa memberikan informasi melalui kolom section Tweet yang tersedia dalam aplikasi Twitter. Aplikasi ini membantu tiap individu dari generasi Z lebih mudah dalam berkomunikasi dengan individu lainnya. Dengan adanya Tweet dari tiap penggunanya, membuat pengguna lain memiliki pandangan atau perspektif terkait Tweet yang ditulis oleh individu tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan seperti apa yang biasanya diposting invidu ketika menggunakan Twitter sebagai pembentuk citra diri gen Z. Penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dalam pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam (in-depth interview), observasi dan dokumentasi. Peneliti mewawancarai 3 informan diantaranya yang merupakan bagian dari generasi Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial Twitter adalah wadah yang mampu digunakan para gen Z sebagai metode atau cara mereka melakukan pembentukan citra diri mereka terhadap publik melalui unggahan-unggahan akun Twitter mereka. Kesimpulan Twitter mampu menjadi platform yang gen Z dapat menunjukan citra dirinya terhadap publik, jadi dapat dikatakan bahwa perkembangan teknologi digitalisasi membawa dampak positif kepada gen Z dalam menunjukan personal brandingnya. Kata Kunci: Pembentuk Citra, Media Sosial, Twitter, Personal Branding, Generasi Z. ABSTRACT Twitter is one of the digital platforms used by generation Z to find out information that is currently booming, besides that we can also provide information through the Tweet section column available in the Twitter application. This application helps each individual from generation Z to communicate more easily with other individuals. With Tweets from each user, it makes other users have views or perspectives regarding Tweets written by that individual. The purpose of this research is to find out what kind of activities are usually posted by individuals when using Twitter as a form of self-image of Gen Z. This study used a qualitative approach with descriptive methods in collecting data using in-depth interviews, observation and documentation. Researchers interviewed 3 informants, including those who were part of the Z generation. The results of this study indicate that social media Twitter is a platform that Gen Z can use as a method or way for them to form their self- image to the public through uploads on their Twitter accounts. Conclusion Twitter is able to become a platform where Gen Z can show its selfimage to the public, so it can be said that the development of digitalization technology has had a positive impact on Gen Z in showing their personal branding. Keywords: Self-image, Social Media, Twitter, Personal Branding, Generation Z.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 23 024
NIM/NIDN Creators: 44219210048
Uncontrolled Keywords: Pembentuk Citra, Media Sosial, Twitter, Personal Branding, Generasi Z.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 May 2023 04:01
Last Modified: 23 May 2023 04:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77534

Actions (login required)

View Item View Item