ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS TERHADAP BRANDING IMAGE JINISO DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK @jiniso.id TAHUN 2022

PRASTIKA, DELLA JULIA ANJAS (2023) ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS TERHADAP BRANDING IMAGE JINISO DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK @jiniso.id TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44219210034 - Della Julia - 01 Cover.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210034 - Della Julia - 02 Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
44219210034 - Della Julia - 03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
44219210034 - Della Julia - 04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
44219210034 - Della Julia - 05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
44219210034 - Della Julia - 06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
44219210034 - Della Julia - 07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
44219210034 - Della Julia - 09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
44219210034 - Della Julia - 10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan zaman yang terus berubah-ubah, dapat ditandai dengan semakin majunya teknologi. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih tentu saja memudahkan segala kegiatan yang dilakukan manusia, salah satunya kegiatan komunikasi digital. Seseorang sekarang dapat membuat branding digital terbaru dengan sebuah digital konten dalam mempromosikan produknya ke para konsumen melalui media sosial. Tiktok menjadi salah satu media digital komunikasi yang digunakan oleh para pelaku bisnis. Salah satu brand yang menggunakan media sosial Tiktok sebagai salah satu media komunikasi guna menyebarkan branding imagenya yaitu brand Jiniso. Pada penelitian ini, peneliti akan membahas tentang analisis resepsi followers terhadap branding image Jiniso dalam akun media sosial Tiktok @jiniso.id Tahun 2022 dengan aspek dominan hegemonic position, negotiated position, dan oppositional position sesuai teori yang diperkenalkan oleh Stuart Hall. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis resepsi dengan pendekatan kualitatif yang berada dalam paradigma konstruktivis. Peneliti mengumpulkan data primer dengan melakukan observasi informan, wawancara mendalam dengan followers Tiktok @jiniso.id, dokumentasi serta pengumpulan data sekunder berupa studi literasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan posisi dari resepsi setiap informan terhadap branding image yang dilakukan @jiniso.id di Tiktok. Para informan yang berada diposisi dominan memiliki tanggapan positif dan memaknai hal yang sama dengan apa yang disampaikan oleh Jiniso. Para informan yang berada diposisi negosiasi juga memaknai hal yang sama dengan Jiniso tetapi informan pada posisi negosiasi juga memiliki pandangannya tersendiri. Para informan yang berada diposisi oposisi memaknai hal yang berbeda dan juga tidak menyetujui konsep dibeberapa konten tiktok Jiniso. Kata kunci : Analisis Resepsi, Followers, Brand Image, Tiktok ABSTRACT The development of the times that continues to change, can be characterized by increasingly advanced technology. With increasingly sophisticated technology, of course, it makes it easier for all activities carried out by humans, one of which is digital communication activities. One can now create the latest digital branding with digital content in promoting their products to consumers via social media. Tiktok is one of the digital communication media used by business people. One brand that uses Tiktok social media as a communication medium to spread its branding image is the Jiniso brand. In this study, researchers will discuss the reception analysis of the tiktok account @jiniso.id followers on Jiniso's branding image on Tiktok social media (a reception analysis of tiktok video content spanning 2022) with dominant aspects of the hegemonic position, negotiated position, and oppositional position according to the theory introduced by Stuart Hall. The research method used is reception analysis method with a qualitative descriptive approach which is in the constructivist paradigm. Researchers collected primary data by observing informants, in-depth interviews with Tiktok followers @jiniso.id, documentation and secondary data collection in the form of literacy studies. The results of this study show the position of each informant's reception of the branding image carried out by @jiniso.id on Tiktok. The informants who were in a dominant position had positive responses and interpreted the same thing as what was conveyed by Jiniso. The informants in the negotiating position also interpreted the same thing as Jiniso but the informants in the negotiating position also had their own views. Informants who are in oppositional positions interpret different things and also disagree with the concepts in some of Jiniso's tiktok content. Keywords: Reception Analysis, Followers, Brand Image, Tiktok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 23 022
NIM/NIDN Creators: 44219210034
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Followers, Brand Image, Tiktok
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 May 2023 03:22
Last Modified: 23 May 2023 03:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77531

Actions (login required)

View Item View Item