ANALISA TEKNIK KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE DIGITAL BAIK BERISIK PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SMART171 UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS

JAHRO, CITRA AANISAH (2023) ANALISA TEKNIK KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE DIGITAL BAIK BERISIK PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SMART171 UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)

Abstract

The digital era presents technology that facilitates the process of communicating in a social movement. One of the social movements created by the SMART171 virtual community or organization is the digital campaign “baik berisik” on social media Instagram (@smart_171). This digital campaign aims to voice acts of kindness related to the Palestinian issue. The way to do this is to share content on Instagram social media using the #baikberisik hashtag. The purpose of this study was to analyze communication techniques in the “baik berisik" digital campaign on SMART171's Instagram social media to increase awareness. This research used the theory of six communication techniques according to Effendy, such as informative, persuasive, pervasive, instructive, coercive, and human relations communication techniques. The research method used in this research is descriptive qualitative method. Data collection techniques used interview techniques with several sources and observation techniques on social media accounts. The results of the research based on data analysis show that the communication technique in the “baik berisik” digital campaign on SMART171's Instagram social media uses several communication techniques, such as informative, persuasive, and human relations. This digital campaign also uses a mix of marketing communications such as Events and Experiences, and Word of Mouth Marketing. In the process of sharing “baik berisik” digital campaign content, the SMART171 organization also uses the AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) theory to users (followers). Keywords: Communication Techniques, Social Marketing, Marketing Communication Campaigns, Digital Campaigns, Instagram Era digital menghadirkan teknologi yang memudahkan proses berkomunikasi dalam sebuah gerakan sosial. Salah satu gerakan sosial yang dibuat oleh komunitas virtual atau organisasi SMART171 adalah kampanye digital “baik berisik” di media sosial Instagram (@smart_171). Kampanye digital ini bertujuan untuk menyuarakan aksi kebaikan terkait isu Palestina. Cara yang dilakukan adalah dengan membagikan konten-konten di media sosial Instagram menggunakan hastag #baikberisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa teknik komunikasi dalam kampanye digital “baik berisik” pada media sosial Instagram SMART171 untuk meningkatkan awareness. Penelitian ini menggunakan teori enam teknik komunikasi menurut Effendy, yaitu teknik komunikasi informatif, persuasif, pervasif, instruktif, koersif, dan hubungan manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan beberapa narasumber dan teknik observasi pada akun media sosial. Hasil penelitian berdasarkan analisa data menunjukkan bahwa teknik komunikasi dalam kampanye digital “baik berisik” pada media sosial Instagram SMART171 menggunakan beberapa teknik komunikasi, yaitu informatif, persuasif, dan hubungan manusia. Kampanye digital ini juga menggunakan bauran komunikasi pemasaran seperti Events and Exprerince, dan Word of Mouth Marketing. Dalam proses membagikan konten-konten kampanye digital “baik berisik”, organisasi SMART171 juga menggunakan teori AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) kepada para pengguna (followers). Kata Kunci: Teknik Komunikasi, Pemasaran Sosial, Kampanye Komunikasi Pemasaran, Kampanye Digital, Instagram

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 23 013
Call Number: SK/43/23/026
NIM/NIDN Creators: 44316120038
Uncontrolled Keywords: Teknik Komunikasi, Pemasaran Sosial, Kampanye Komunikasi Pemasaran, Kampanye Digital, Instagram
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.25 Failures and Disruptions of Communication/Kegagalan dan Gangguan Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 350 Public Administration and Military Science/Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 354 Administration of Economy/Departemen Perekonomian > 354.7 Administration of Commerce, Communications, Transportation/Administrasi Perdagangan, Komunikasi, Transportasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: MILA RISKA
Date Deposited: 13 May 2023 03:00
Last Modified: 13 May 2023 03:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/76261

Actions (login required)

View Item View Item