PAMUNGKAS, QORI HUDA (2023) EVALUASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS AUDIO VISUAL “LET’S ADOPT DON’T BUY” DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN LEDAKAN POPULASI HEWAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
44220120004_Qori Huda Pamungkas_ Cover - qory huda.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
44220120004_Qori Huda Pamungkas_Abstrak - qory huda.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
44220120004_Qori Huda Pamungkas_ bab1 - qory huda.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
||
Text (Bab 2)
44220120004_Qori Huda Pamungkas_Bab 2 - qory huda.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
||
Text (Bab 3)
44220120004_Qori Huda Pamungkas_Bab3 - qory huda.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text (Bab 4)
44220120004_Qori Huda Pamungkas_ Bab4 - qory huda.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab 5)
44220120004_Qori Huda Pamungkas_ Bab5 - qory huda.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
44220120004_Qori Huda Pamungkas_ Daftar Pustaka - qory huda.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (Lampiran)
44220120004_Qori Huda P_Lampiran - qory huda.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
||
Text (Formulir Pernyataan Keabshan)
Formulir Pernyataan Keabsahan - qory huda.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan pesat, serta semakin luasnya kebutuhan informasi pada masyarakat, sehingga membuat organisasi atau perusahaan menginginkan penyajian informasi yang efektif, akurat dan menarik dari segi tampilan maupun isi konten didalamnya. Let’s Adopt Indonesia merupakan NGO yang memberdayakn hewan liar khususnya pada kucing. Penulis membuat perancangan Iklan Layanan Masyarakat dengan judul ”Let’s Adopt Don’t Buy”. Metode yang dipilih sebagai media penyampaian pesan atau informasi ini adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Annoucement) merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh Public Relations yang berfungsi sebagai media informasi, komunikasi dan promosi. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mengajak atau mendidik khalayak, di mana tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Tujuan penulisan ini adalah membuat Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Annoucement) audiovisual agar dapat menjadi daya tarik yang efektif, terutama dalam penyampaian informasi. Penulisan ini tidak hanya sekedar membuat dan memproduksi iklan layanan masyarakat saja, penulisan ini juga berisikan evaluasi yang dilakukan menggunakan metode SMART (Spesific, Measurable, Achievement, Relevant, Time), agar produk yang dihasilkan efektif dan sesuai ekspektasi dari pihak terkait baik internal maupun eksternal. Penulis yang berperan sebagai evaluator, bertanggungjawab dalam proses peran PR di Problem Solving Process Fasilitator yang mana dapat diartikan sebagai fasilitator dan proses pemecahan masalah. Kata Kunci : Komunikasi, Public Relations, Public Service Announcement, Evaluator. The development of technology today is increasingly advanced and rapid, as well as the wider needs of information in the community, thus making organizations or companies want the presentation of information that is effective, accurate and interesting in terms of the appearance and content of the contents therein. .Let's Adopt Indonesia is an NGO that empowers wild animals, especially cats. The author makes a Public Service Advertisement design with the title "Let's Adopt Don't Buy". The method chosen as the medium for conveying this message or information is Public Service Advertisements (PSAs). Public Service Announcement is one of the products produced by Public Relations which functions as a medium of information, communication and promotion. Public Service Advertisements (PSAs) are advertisements used to convey information, invite or educate audiences, where the ultimate goal is not to gain economic benefits, but social benefits. The purpose of this writing is to make an audiovisual Public Service Announcement so that it can become an effective appeal, especially in conveying information. This writing is not just creating and producing public service advertisements, this writing also contains evaluations carried out using the SMART (Specific, Measurable, Achievement, Relevant, Time) method, so that the products produced are effective and meet the expectations of related parties both internal and external. The author who acts as an evaluator, is responsible for the process of the role of PR in the Problem Solving Process Facilitator which can be interpreted as a facilitator and problem solving process. Keywords: Communication, Public Relations, Public Service Announcement, SMART, Evaluator.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44220120004 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Komunikasi, Public Relations, Public Service Announcement, Evaluator. Keywords: Communication, Public Relations, Public Service Announcement, SMART, Evaluator. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | SITI NOVI NUR CAHYANI |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 03:28 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 03:28 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75551 |
Actions (login required)
View Item |