OKTAVIANA, ELVIRA (2020) IMPLEMENTASI KEGIATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PT. BANK NEGARA INDONESIA DALAM MEMBANGUN KUALITAS PELAYANAN KEPADA NASABAH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
01. COVER1.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
Abstract
Bank merupakan perusahaan yang setiap harinya memberikan palayanan terhadap pelanggan atau nasabahnya. Setiap Bank akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk menjaga loyalitas nasabah. Baik dengan cara memberikan hadiah atau pun bonus kepada nasabah yang mereka anggap akan menguntungkan bagi bank. Selain memberikan pelayanan yang baik, bank juga berusaha untuk meningkatkan kualitas atau mutu SDM mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan pihak bank kepada nasabahnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Customer Relationship Management dan Penerapan POACE yang diterapkan dalam membangun kualitas pelayanan yang dilakukan Bank Negara Indonesia terhadap nasabahnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM di PT. Bank Negara Indonesia Kantor cabang pembantu Semanan, Jakarta Barat termasuk dalam kategori cukup baik dengan proses identifikasi, differensiasi, interaksi dan personalisasi. Bank juga melakukan pemberian pelayanan berkelanjutan (Continuity Marketing), pendekatan secara individual (One to One Marketing), serta hubungan kerjasama (Partnering Program). Hambatan dalam penerapan CRM meliputi hambatan internal dan eksternal. Hambatan intenal merupakan hambatan yang timbulkan oleh pihak bank itu sendiri, sedangkan hambatan eksternal adalah hambatan yang muncul dari nasabah. Kata Kunci : Customer Relationship Management (CRM), Pelayanan
Actions (login required)
View Item |