STRATEGI CUSTOMER RETENTION MARKETING PT. DARYA VARIA LABORATORIA TBK DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS DOKTER MELALUI FASILITAS MEDICAL SCIENCE CENTER (MSC)

MAULINA, OKTARY (2021) STRATEGI CUSTOMER RETENTION MARKETING PT. DARYA VARIA LABORATORIA TBK DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS DOKTER MELALUI FASILITAS MEDICAL SCIENCE CENTER (MSC). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

Adanya perkembangan teknologi komunikasi pada tahun 2018 ini semakin membuat tingkat persaingan dalam industri farmasi berjalan dengan sangat ketat. Antara satu perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain pun saling bersaing melalui berbagai strategi maupun konsep pemasaran. Namun, persaingan yang sebenarnya adalah bagaimana perusahaan saling bersaing untuk mempertahankan pelanggannya. Agar dapat mengembangkan dan menjaga pelayanan yang baik kepada para pelanggan, maka diperlukan suatu strategi pembinaan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang disebut dengan Customer Retention Marketing. Penelitian ini membahas tentang strategi Customer Retention Marketing PT. Darya Varia Laboratoria, Tbk dalam mempertahankan loyalitas dokter melalui fasilitas Medical Science Center. Teori yang digunakan mengacu pada konsep teori I-D-I-C dan teori Zikmund yang mengemukakan bahwa strategi Customer Retention Marketing meliputi welcome strategy, reliability, responsiveness, recognition, personalisation dan access strategy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode menelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam studi kasus ini adalah melalui wawancara dengan narasumber yang terkait, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam meretensi pelanggannya yang merupakan para dokter, PT. Darya Varia Laboratoria, Tbk menggunakan strategi Customer Retention Marketing melalui pembangunan Medical Science Center yang diawali oleh persiapan seperti identifikasi pelanggan, diferensiasi pelanggan, interaksi dan penyesuain produk atau jasa. Kemudian membuat program-program retensi seperti web seminar, program Special Occasion, lomba karya ilmiah dan WML Mobile Application yang kesemuan dilakukan di sebuah fasilitas yang bernama Medical Science Center. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah agar PT. Darya Varia Laboratoria Tbk memaksimalkan penggunaan Medical Science Center sebagai strategi Customer Retention Marketing. Kata kunci: Strategi Customer Retention Marketing

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44314120012
Uncontrolled Keywords: Strategi Customer Retention Marketing
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Mar 2023 06:35
Last Modified: 17 Mar 2023 06:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75202

Actions (login required)

View Item View Item