ANALISIS SEMIOTIK MAKNA PESAN IKLAN SATU INDONESIA PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk VERSI “MENJAGA IBU PERTIWI” 2020 DI MEDIA TELEVISI

RACHMADHAN, ANISA CHUSNUL CHOTIMA DIAN (2020) ANALISIS SEMIOTIK MAKNA PESAN IKLAN SATU INDONESIA PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk VERSI “MENJAGA IBU PERTIWI” 2020 DI MEDIA TELEVISI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)

Abstract

Iklan CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan bagian dari praktik PR yang dipahami sebagai iklan tanggung jawab sosial yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan kepada masyarakat untuk mengatasi dan menyelesaikan suatu masalah isu global yang ada di lingkungan yang di iklan kan melalui media televisi. Demikian juga dengan iklan SATU Indonesia PT ASTRA International Tbk versi “menjaga Ibu Pertiwi”2020, merupakan salah satu bentuk iklan CSR yang diproduksi oleh PT ASTRA International Tbk. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna apa yang terkandung dalam iklan SATU Indonesia PT ASTRA International Tbk versi “Menjaga Ibu Pertiwi” di Media Televisi Tahun 2020 Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Semiotika yang dikembangkan oleh Ferdinand Saussure, dimana teori ini menjelaskan bahwa tanda memiliki unsur yang saling berhubungan yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified). Penanda yakni bunyi atau coretan bermakna, dan petanda yakni gambar atau konsep sesuatu dari penanda. Hubungan antara kedua konsep tersebut disebut signification. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis pendekatan semiotik bersifat interpretatif kualitatif, maka secara umum teknis analisis datanya menggunakan alur yang lazim digunakan dalam metode penulisan kualitatif, yakni mengidentifikasi objek yang diteliti untuk dipaparkan, dianalisis dan kemudian ditafsirkan maknanya. Setelah melakukan analisis terhadap iklan SATU Indonesia versi “menjaga Ibu Pertiwi”, maka dapat disimpulkan bahwa PT ASTRA International Tbk ingin memberikan suatu informasi mengenai keadaan perairan Indonesia yaitu lautan Pulau Pramuka yang sudah tercemar oleh sampah, dan memberikan edukasi kepada khalayak mengenai bagaimana cara mengurangi penggunaan sampah plastic sekali pakai, serta menjaga suatu lingkungan. Kata kunci: PT ASTRA International Tbk, iklan SATU Indonesia, Semiotik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 075
NIM/NIDN Creators: 44216010108
Uncontrolled Keywords: PT ASTRA International Tbk, iklan SATU Indonesia, Semiotik.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: MILA RISKA
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:17
Last Modified: 08 Mar 2023 04:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74854

Actions (login required)

View Item View Item