PENGARUH MEDIA BELAJAR ONLINE RUANG GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI TANGERANG (Survey Pada Kelurahan Sudimara Selatan)

YULANDA, PUTRI (2020) PENGARUH MEDIA BELAJAR ONLINE RUANG GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI TANGERANG (Survey Pada Kelurahan Sudimara Selatan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The education world in Indonesia is increasingly experiencing significant developments. This development can be seen from the increasingly diverse learning methods used. In the era of globalization which is currently more advanced the methods used are utilizing a variety of media to improve the quality of learning outcomes. One of the education-based media created by one of the startup developers is the teacher's room, the teacher's room is one of the provision of technology-based education services or platforms. The teacher's room is an innovation that can be utilized in the learning process. The theory used in this research is the uses and gratifications theory where this theory discusses how the media meets the personal and social needs of the audience. The uses and gratification model shows that the main problem is not how the media change the attitudes and behavior of the audience, but how to meet the personal and social needs of the audience. So, the weight is on the active audience, who intentionally uses the media to achieve specific goals. This research is quantitative with use the positivise paradigm to find or obtain information about causal relationships that are commonly used to predict a social phenomenon or human activity. Data collection techniques were carried out by distributing questionnaires to 100 respondents in the Sudimara Selatan village. The sampling technique in this study uses the Snowball Technique. Based on the results of research and analysis of data that has been done, the results obtained that online learning media Ruangguru has a positive and significant effect on student interest in learning. Keywords: Online Learning Media, Ruangguru, Interest in Learning Dunia pendidikan di Indonesia semakin mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini terlihat dari semakin beragamnya metode pembelajaran yang digunakan. Dalam era globalisasi yang saat ini semakin maju metode yang digunakan banyak memanfaatkan berbagai media untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Salah satu media berbasis pendidikan yang diciptakan oleh salah satu pengembang startup adalah ruang guru, ruang guru adalah salah satu penyediaan layanan atau platform pendidikan berbasis teknologi. Ruang guru merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications dimana teori ini membahas tentang bagaimana media memenuhi kebutuhan pribadi dan sosial khalayak. Model uses and gratification menunjukkan bahwa yang menjadi permasalahan utama bukanlah bagaimana media mengubah sikap dan perilaku khalayak, tetapi bagaimana memenuhi kebutuhan pribadi dan sosial khalayak. Jadi, bobotnya ialah pada khlayak yang aktif, yang sengaja menggunakan media untuk mencapai tujuan khusus. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivise untuk menemukan atau memperoleh informasi tentang hubungan sebab akibat yang biasa dipergunakan untuk memprediksi suatu gejala sosial atau aktivitas manusia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di kelurahan Sudimara Selatan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Snowball. Berdasarkan hasil dari penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa media belajar online ruangguru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar pada siswa. Kata Kunci: Media Belajar Online, Ruangguru, Minat Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 029
NIM/NIDN Creators: 44216010112
Uncontrolled Keywords: Media Belajar Online, Ruangguru, Minat Belajar
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 383 Postal Communication/Komunikasi Pos
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: MILA RISKA
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:19
Last Modified: 06 Mar 2023 01:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74686

Actions (login required)

View Item View Item