PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019)

AULIA, ISTI NURUL (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)

Abstract

Earnings management is the effort of company managers in achieving or maintaining the desired level of prosperity through certain accounting policies. In agency theory, agency problems arise because of the behavior of the (agent), namely the behavior of management to maximize its own welfare which is contrary to the interests of the principal. Managers have the motivation to apply certain accounting policies that can show good performance by maximizing or minimizing profits. This study aims to examine the effect of Firm Size, Leverage, and Profitability on Earnings Management which is measured using Specific Accruals. This research is quantitative research. The study was conducted on Consumer Goods Industrial Sector Companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2017-2019. The sampling technique used in this research is purposive sampling method. The sample in this study were 38 of 39 companies that met the criteria. The research data was processed by multiple linear regression. The results of this study indicate that firm size has no effect on earnings management, leverage has a negative effect on earnings management, and profitability has no effect on earnings management. Keywords: Company Size, Leverage, Profitability, and Earnings Management. Manajemen laba adalah upaya manajer perusahaan dalam mencapai atau mempertahankan tingkat kemakmuran yang diinginkan melalui kebijakan akuntansi tertentu. Dalam teori agensi, masalah keagenan muncul karena adanya perilaku dari (agent), yaitu perilaku manajemen untuk memaksimumkan kesejahteraannya sendiri yang berlawanan dengan kepentingan principal. Manajer memiliki motivasi untuk menerapkan kebijakan akuntansi tertentu yang dapat memperlihatkan kinerjanya yang baik dengan memaksimumkan atau meminimumkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba yang diukur menggunakan akrual khusus (Specific Accruals). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 dari 39 perusahaan yang memenuhi kriteria. Data penelitian diolah dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, Leverage berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, dan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata Kunci : Ukuran Persusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 22 299
Call Number: SE/32/23/021
NIM/NIDN Creators: 43217010187
Uncontrolled Keywords: Ukuran Persusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Manajemen Laba.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.01-657.09 Standard Subdivisions/Sub Divisi Standar
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.48 Analytical (Financial) Accounting/Analisis (Keuangan) Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 15 Feb 2023 07:41
Last Modified: 15 Feb 2023 07:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74159

Actions (login required)

View Item View Item