KRYSTYAN, GYAN AGYE TRY (2019) ANALISIS PENGARUH TINGKAT KERUSAKAN JALAN TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text (BAB II)
12. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB III)
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
||
Text (BAB IV)
14. BAB IV HASIL DAN ANALISIS.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
15. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (24MB) |
Abstract
Roads are a very important part of the movement of land transportation modes. Poor road quality will affect the speed of the vehicle which will ultimately hinder the movement of goods or humans from one place to another. This is caused because the driver will consider several things, including: comfort, safety, and maintaining the condition of the vehicle to remain good. Road damage occurs due to several factors, including: weather factors, the volume of vehicles that are not in accordance with the design of the original plan and the age of the plan that has been entered during maintenance. The method used in this study is the method of calculating road conditions using the Pavement Condition Index (PCI) method. That is to get the quality of the unit segment pavement based on certain conditions, perfect, very good, good, fair, poor, very poor and failed. This research was conducted at Jl. Halim Perdanakusuma , Jl. H. Juanda, and JI. mam Bonjon in Tangerang City, while for the method of analysis the effect of the level of road damage on speed was Simple Linear Regression. Based on the results of the three road surveys, the percentage for heavy vehicles is 3.21% -10.82% with the largest percentage on Jalan H. Juanda in the direction of Jl. Pembangunan 3-Jl. Development 1 is 10.82%. The worst road conditions are on Jalan H Juanda line 1 with an average PCI value of 42.38 (fair), while the best Road conditions are on Halim Perdanakusuma Road line 2 with an average PCI value of 80.4 (very Good). Modeling on Jalan H. Juanda line 2 for motorbikes is Y = 7.1335 + 0.4731X and for cars is Y = 4.5743 + 0.4716X, while modeling on Halim Perdanakusuma Road line 2 for motorbikes is Y = 16 , 9007 + 0.2542X and for cars is Y = 12.9797 + 0.3057X. Keywords: Pavement Condition Index, PCI, Simple Linear Regression. Jalan raya menjadi bagian yang sangat penting dalam pergerakan moda transportasi darat. Kualitas jalan yang buruk akan berpengaruh terhadap kecepatan kendaran yang pada akhirnya akan menghambat pergerakan barang atau manusia dari suatu tempat ke tempat lainnya. Hal itu di sebabkan karena pengendara akan mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya adalah; kenyamanan, keselamatan, dan menjaga kondisi kendaraan agar tetap baik.Kerusakan jalan terjadi di karenakan beberapa faktor, di antaranya adalah: faktor cuaca, volume kendaraan yang tidak sesuai dengan desain rencana awal dan umur rencana yang sudah masuk dalam waktu pemeliharaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perhitungan indeks kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Yaitu untuk mendapatkan kualitas lapis perkerasan unit segmen berdasarkan kondisi tertentu yaitu sempurna (excellent), sangat baik (very good), baik (good), sedang (fair), jelek (poor), sangat jelek (very poor) dan gagal (failed). Penelitian ini dilakukan di Jalan Halim Perdanakusuma, Jalan H. Juanda, dan Jalan Imam Bonjon pada Kota Tangerang, Sedangkan untuk metode analisis pengaruh tingkat kerusakan jalan terhadap kecepatan adalah Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil survei ketiga jalan tersebut presentase untuk kendaraan berat sebesar 3,21% - 10,82% dengan presentase terbesar pada Jalan H. Juanda arah Jl. Pembangunan 3-Jl. Pembangunan 1 sebesar 10,82%. Kondisi jalan terburuk berada pada Jalan H Juanda jalur 1 dengan nilai PCI rata-rata 42,38 (Sedang), sedangkan kondisi Jalan terbaik berada pada Jalan Halim Perdanakusuma jalur 2 dengan nilai PCI rata-rata 80,4 (sangat Baik). Permodelan pada Jalan H. Juanda jalur 2 untuk sepeda motor adalah Y = 7,1335 + 0,4731X dan untuk mobil adalah Y = 4,5743 + 0,4716X, sedangkan permodelan pada Jalan Halim Perdanakusuma jalur 2 untuk sepeda motor adalah Y = 16,9007 + 0,2542X dan untuk mobil adalah Y = 12,9797 + 0,3057X Kata Kunci : Pavement Condition Index, PCI, Regresi Linier Sederhana.
Actions (login required)
View Item |