POLA KOMUNIKASI ANTARA PENGAJAR DAN MURID TUNARUNGU DALAM PEMBELAJARAN BACAAN SERTA TERJEMAHAN AL-QUR’AN (STUDI KASUS PADA MASJID LDII BAITUL MAKMUR SURABAYA)

Sholihah, Zahrotus (2023) POLA KOMUNIKASI ANTARA PENGAJAR DAN MURID TUNARUNGU DALAM PEMBELAJARAN BACAAN SERTA TERJEMAHAN AL-QUR’AN (STUDI KASUS PADA MASJID LDII BAITUL MAKMUR SURABAYA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44218120026-ZAHROTUS SHOLIHAH - 01 COVER - Zahrotus Sholihah.pdf

Download (458kB)
[img] Text (Abstrak)
44218120026-ZAHROTUS SHOLIHAH - 02 ABSTRAK - Zahrotus Sholihah.pdf

Download (156kB)
[img] Text (Bab 1)
44218120026-ZAHROTUS SHOLIHAH - 03 BAB 1 - Zahrotus Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (Bab 2)
44218120026-ZAHROTUS SHOLIHAH - 04 BAB 2 - Zahrotus Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (Bab 3)
44218120026-ZAHROTUS SHOLIHAH - 05 BAB 3 - Zahrotus Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (Bab 4)
44218120026-ZAHROTUS SHOLIHAH - 06 BAB 4 - Zahrotus Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (Bab 5)
44218120026-ZAHROTUS SHOLIHAH - 07 BAB 5 - Zahrotus Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44218120026-ZAHROTUS SHOLIHAH - 08 DAFTAR PUSTAKA - Zahrotus Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (Lampiran)
44218120026-ZAHROTUS SHOLIHAH - 09 LAMPIRAN - Zahrotus Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text (Form Pernyataan)
44218120026 Zahrotus Sholihah _Form Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Unggah dan Publikasi Tugas Akhir - Zahrotus Sholihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini mengenai pola komunikasi pengajar dan murid tunarungu dalam kegiatan pembelajaran bacaan serta tafsir Al-Qur’an, pada pengajian tunarungu di Masjid LDII Baitul Makmur Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara pengajar dan murid tunarungu selama pembelajaran di pengajian tunarungu. Penelitian ini menggunakan symbolic convergence theory (SCT), yang menjelaskan tentang mereka membuat dan menggunakan simbol-simbol untuk membingkai pemahaman mereka, di mana individu ingin mendapatkan pemahaman yang lebih baik antara satu sama lain dan mencoba untuk berbagi makna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigrma konstruktivis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian telah ditemukan pola komunikasi antara pengajar dan murid tunarungu yaitu pola komunikasi banyak arah (transaksional) dan dua arah. Selama proses pembelajaran, komunikasi yang digunakan adalah komunikasi nonverbal berupa bahasa isyarat. Para pengajar juga menjalankan fungsi pesan pada komunikasi nonverbal yaitu emblem, illustrator, regulator, penyesuai, affect display. Dalam pengajian tunarungu, ditunjukkan adanya kesepakatan bahasa selama pembelajaran dan berada di lingkungan tersebut. Keterbatasan dari tunarungu juga menyebabkan adanya hambatan komunikasi (bersifat teknis, semantik, dan perilaku), namun solusi yang diterapkan oleh pengajar adalah dengan meningkatkan kesabaran dan memberikan penjelasan secara perlahan serta berulang-ulang. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Tunarungu, Symbolic Convergence This research is concerned with the communication patterns of teachers and deaf students in reading learning activities and the interpretation of Al-Qur’an, in the recitation of the deaf at the LDII Baitul Makmur Mosque in Surabaya. The purpose of this study was to find out how the communication patterns that occur between teachers and deaf students during learning in deaf recitations. This study uses symbolic convergence theory (SCT), which explains how they create and use symbols to frame their understanding, where individuals want to get a better understanding between each other and try to share meaning. The method used in this study with a qualitative approach using the case study method. The paradigm used in this study is the constructivist paradigm. Data collection techniques in this study used in-depth interviews, observations, and documentation. Based on the results of the research, it has been found that communication patterns between teachers and deaf students are multidirectional of communication patterns (transactional) and two-way communication. During the learning process, the communication used is nonverbal communication in the form of sign language. The teachers also carry out message functions in nonverbal communication, namely emblems, illustrators, regulators, adjusters, affect displays. In deaf recitation, it was shown that there was an agreement on language during learning and being in that environment. Limitations of the deaf also cause communication barriers (technical, semantic, and behavioral), but the solution implemented by the teacher is to increase patience and provide explanations slowly and repeatedly. Keyword: Communication Pattern, Deaf, Symbolic Convergence

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44218120026
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Tunarungu, Symbolic Convergence Communication Pattern, Deaf, Symbolic Convergence
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ALFINA DHEA NOVA
Date Deposited: 04 Feb 2023 04:27
Last Modified: 04 Feb 2023 04:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73935

Actions (login required)

View Item View Item