PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM REELS TERHADAP IDENTITY BRAND SOMETHINC

KUSUMAWARDANI, SITI ALIFIAH (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA INSTAGRAM REELS TERHADAP IDENTITY BRAND SOMETHINC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)

Abstract

The high enthusiasm of many Instagram users towards the emergence of new features makes various users use the Instagram Reels feature as a tool to build their personal branding based on their area of expertise and interests. Starting from ordinary people to artists use mass media for various purposes, such as increasing reputation, creating a sensation to keep their name popular in the community, or using social media as promotional media for business purposes and others. The author chose the Somethinc brand as the subject of this study because Somethinc is a brand that is currently popular as a local beauty brand. One proof that Somethinc is a brand that is currently popular is, that among several local brands such as Emina, Avoskin, Npure, and Studio Tropik, Somethinc has the highest number of followers, reaching 1.3 million followers on social media Instagram. The concept or theory used in this study is the uses and effects theory from Sven Windahl which states that needs are only one of the factors causing the use of media. This study uses a type of quantitative causality research with data collection techniques using survey methods through questionnaires. The data analysis method used simple linear regression. The results of this study are that the use of media Instagram by public relations has a positive and significant effect on the identity brand of SomeThinc with a significance value of 0.000. That is, the better the use of media Instagram by public relations from Somethinc, the better the identity brand will be. The conclusion of this study is that, based on the results of this study which shows that the use of media Instagram by public relations has a positive and significant effect on the identity brand of Somethinc with a significance value of 0.000, it is better for public relations of Somethinc to use or improve public relations communication through social media to improve or develop the identity brand of SomeThinc. Keywords: Identity Brand, Instagram, New Media, Public Relations, Social Media. Antusiasme yang tinggi dari banyaknya pengguna Instagram terhadap munculnya fitur-fitur baru membuat berbagai pengguna menjadikan fitur Instagram Reels sebagai alat untuk membangun personal branding mereka berdasarkan dengan bidang keahlian serta minat yang dimiliki. Mulai dari masyarakat biasa hingga seniman menggunakan media massa untuk berbagai tujuan, seperti meningkatkan reputasi, membuat sensasi untuk menjaga namanya tetap populer di masyarakat, ataupun menggunakan media sosial sebagai media promosi untuk tujuan bisnis dan lain-lain. Penulis memilih brand Somethinc sebagai subjek pada penelitian ini karena Somethinc merupakan brand yang sedang populer sebagai salah satu brand kecantikan produk lokal. Salah satu bukti bahwa Somethinc merupakan brand yang sedang populer yaitu, di antara beberapa brand lokal seperti Emina, Avoskin, Npure, dan Studio Tropik, Somethinc memiliki jumlah pengikut (follower) yang paling banyak yaitu mencapai 1,3 juta pengikut di media sosial Instagram. Konsep atau teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori uses and effects dari Sven Windahl yang menyebutkan bahwa kebutuhan hanyalah salah satu faktor penyebab penggunaan media. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif kausalitas dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei melalui angket (kuesioner). Metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini yaitu bahwa pemanfaatan media Instagram oleh public relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap identity brand dari Somethinc dengan nilai signifikansi 0,000. Artinya, semakin baik pemanfaatan media Instagram yang dilakukan oleh public relations dari Somethinc, maka akan berdampak pada meningkatnya identity brand. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa, berdasarkan hasil dari penelitian ini yang menunjukkan bahwa pemanfaatan media Instagram oleh public relations berpengaruh positif dan signifikan terhadap identity brand dari Somethinc dengan nilai signifikansi 0,000, maka sebaiknya public relations dari Somethinc menggunakan atau meningkatkan komunikasi public relations melalui media sosial untuk meningkatkan atau memperbaiki identity brand dari Somethinc. Kata Kunci: Identity Brand, Instagram, Media Baru, Media Sosial, Public Relations.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 200
NIM/NIDN Creators: 44216110102
Uncontrolled Keywords: Identity Brand, Instagram, Media Baru, Media Sosial, Public Relations.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:03
Last Modified: 30 Jan 2023 03:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73830

Actions (login required)

View Item View Item