MALIK, AZHAR (2020) OPTIMALISASI FUNGSI CUSTOMER RELATIONS PT SURYA CEMERLANG LOGISTIK DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN CLIENT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Menciptakan hubungan dengan pelanggan merupakan hal penting bagi perusahaan, khususnya yang bergerak di dalam bidang jasa. Hal ini dikarenakan pelanggan merupakan aset yang penting bagi kelangsungan hidup perusahaan sehingga dapat bertahan dalam industri tersebut. Setiap perubahan keinginan, kebutuhan, ketidaknyamanan ataupun keluhan pelanggan harus secara aktif ditangkap oleh perusahaan sebelum para pesaingnya. PT. Surya Cemerlang Logistik adalah perusahaan yang memiliki banyak customer yang dibedakan menjadi 2(dua) kategori untuk shipment impor yaitu nominate/nominasi dan freehand, nominasi adalah customer yang didapat dari hasil follow up divisi marketing dan freehand adalah customer yang diberikan atau direferensikan oleh agen internasional yang bekerja sama dengan PT. Surya Cemerlang Logistik, sedangkan untuk ekspor adalah kebalikannya. Dalam menjaga dua jenis perbedaan customer tersebut PT. Surya Cemerlang Logistik menugaskan divisi marketing untuk menjalin hubungan baik dengan masing-masing customer dan divisi customer service untuk menjalin hubungan dengan perusahaan yang projeknya diberikan oleh agen di luar negeri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunkan pengumpulan data melalui observasi, studi literatur dan wawancara mendalam yang dilakukan dengan pihak internal dan juga eksternal PT. Surya Cemerlang Logistik. Hasil penelitian optimalisasi fungsi Customer relations telah dijalankan oleh PT. Surya Cemerlang Logistik memalui berbagai cara Fungsi customer relations dijalankan oleh seluruh karyawan PT. Surya Cemerlang Logistik dengan beragam cara yang bertujuan untuk menjaga servis dimulai dengan menggunakan komunikasi yang baik, sopan dan ramah. 3. Pemahaman kebutuhan customer adalah kunci dari hubungan yang baik dan berkelanjutan, hubungan tersebut akan semakin membaik jika tidak adanya kesalahan dalam proses bisnis yang mengkibatkan melonjaknya cost dalam sebuah proyek. Kata Kunci : Fungsi Customer Relations, Kumunikasi Organisasi, Membina Hubungan
Actions (login required)
View Item |