Implementasi Cyber PR Melalui Foto Produk Pada Instagram Anggota Komunitas UMKM Pondok Melati

PUTRI, DIAH ASTIKA (2022) Implementasi Cyber PR Melalui Foto Produk Pada Instagram Anggota Komunitas UMKM Pondok Melati. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 02 Cover.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 03 Abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 09 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 10 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
44218210052 - Diah Astika Putri - 11 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Komunitas UMKM Pondok Melati dengan akun instagram @umkm_pondokmelati yang bertahan di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi digital seperti social media Instagram sebagai wadah dalam membantu anggota komunitas membangun komunikasi dengan stakeholder. Kurangnya pemahaman anggota Komunitas UMKM Pondok Melati dalam pemanfaatan media sosial instagram seperti pengambilan foto Produk, pembuatan konten, serta pembuatan copywriting menjadi hambatan anggota Komunitas untuk dapat menjalankan media secara maksimal. Aktivitas Cyber PR dengan menggunakan social media sebagai media untuk membangun komunikasi dengan stakeholder adalah strategi yang dapat digunakan oleh suatu usaha untuk membangun citranya di media sosial, salah satunya dengan menggunakan fotografi atau foto Produk bagi anggota Komunitas UMKM Pondok Melati sebagai upaya strategi membangun komunikasi dengan stakeholder melalui media sosial Instagram. Teknik komunikasi yang dilakukan adalah teknik komunikasi persuasif dan interaktif. Penulis melakukan wawancara dan survey dengan pihak Komunitas UMKM Pondok Melati terkait permasalahan apa yang terjadi yang bisa penulis dan tim bantu serta bagaimana cara yang efektif untuk melakukan kegiatan di tengah berlangsungnya Pandemi Covid-19. Kegiatan Tugas Akhir Peduli Negeri dengan tema “Workshop UMKM Go Digital” dilakukan selama selama 2 (dua) bulan meliputi kegiatan selama 3 (tiga) hari dari tanggal (7 – 9 desember 2021) kemudian dilanjutkan pendampingan dari tanggal (10 Desember 2021 – 7 Februari 2022). Setelah kegiatan Tugas Akhir Peduli Negeri ini terlaksana, dari total 16 peserta 14 UMKM berhasil dan 2 UMKM cukup berhasil untuk mengehasilkan foto Produk serta konten kreatif khususnya dalam sosial media instagram. Dari hal tersebut media sosial anggota Komunitas UMKM Pondok Melati menjadi menarik, dan dapat berkomunikasi dengan baik kepada stakeholder untuk memperkenalkan Produk usaha. Kata Kunci : Cyber PR, Fotografi, Foto Produk, UMKM ABSTRACT The Pondok Melati UMKM community with an Instagram account @umkm_pondokmelati survived the Covid-19 pandemic by utilizing digital technology such as social media Instagram as a forum to help community members build communication with stakeholders. The lack of understanding members of the Pondok Melati UMKM Community in the use of Instagram social media such as taking Product photos, creating content, and making copywriting is an obstacle for Community members to be able to run the media optimally. Cyber PR activities using social media as a medium to build communication with stakeholders is a strategy that can be used by a business to build its image on social media, one of which is by using photography or Product photos for members of the Pondok Melati UMKM Community as a strategic effort to build communication with stakeholders. through social media Instagram. The communication technique used is persuasive and interactive. The author conducted interviews and surveys with the Pondok Melati UMKM Community regarding what PRoblems occurred that the author and the team could help with and how to effectively carry out activities in the Covid-19 Pandemic. The PRoject Tugas Akhir Peduli Negeri with the theme "Workshop for UMKM Go Digital" was carried out for 2 (two) months covering activities for 3 (three) days from December 7 - 9 2021, then continued with mentoring from December 10, 2021 - February 7, 2022). After this PRoject Tugas Akhir Peduli Negeri has been carried, out of the totals of 16 participants, 14 UMKMs were successful, and 2 UMKMs were quite successful in PRoducing Product photos and creative content, especially in social media Instagram. From this, the social media of members of the Pondok Melati UMKM Community becomes interesting and can communicate well with stakeholders to introduce business Products. Keywords: Cyber PR, Photography, Product Photos, UMKM

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 22 044
NIM/NIDN Creators: 44218210052
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Cyber PR, Fotografi, Foto Produk, UMKM.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 12 Dec 2022 05:54
Last Modified: 12 Dec 2022 05:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72422

Actions (login required)

View Item View Item