PENDAMPINGAN DIGITAL DIRECT MARKETING MELALUI MEDIA PLANNING AND BUYING PADA UMKM DAYANG HIJAU RESTO UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

MAGDALENA, BRIGITTA (2022) PENDAMPINGAN DIGITAL DIRECT MARKETING MELALUI MEDIA PLANNING AND BUYING PADA UMKM DAYANG HIJAU RESTO UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER - DAFTAR LAMPIRAN - Brigitta Magdalena.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)

Abstract

Dayang Hijau UMKM do not yet have social media that is active enough to spread information and marketing in the form of Instagram social media. In the final project research, the researcher provides assistance through one of the marketing techniques, namely direct marketing with the aim of increasing sales levels and brand awareness with media planning so that UMKM promotional activities can run effectively and consistently. Brand awareness is an important aspect in the development of UMKM because of brand awareness, UMKM products can be known by the wider community through promotions so as to expand the spread of the product market. Focusing online on Instagram digital media, this is considered more effective in solving the problems raised in the Final Project research conducted. From the background that was appointed as the basis for research, the mentoring activities carried out resulted in Dayang Hijau Resto's product portfolio in the form of product photos. and applying the knowledge of Advertising & Marketing Communication during the lecture period, Dayang Hijau Resto's product portfolio was distributed online and selected as a form of marketing and implementation of the objectives of the researcher's Final Project. Through product marketing assistance through online Instagram brand awareness of UMKM products shows an increase which can be seen from insight Dayang Hijau Resto's Instagram engagement rate of 20.19%. This shows that the media has a big role in the process and dissemination of information in achieving the target. Keywords: Digital Media, Instagram, Mentoring, UMKM, Media Planning, Direct Marketing UMKM Dayang Hijau belum memiliki media sosial yang cukup aktif menyebarkan suatu informasi dan pemasaran dalam bentuk media sosial Instagram. Dalam penelitian Tugas Akhir yang dilakukan, peneliti melakukan pendampingan melalui salah satu teknik pemasaran yaitu direct marketing dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat penjualan dan brand awareness dengan media planning sehingga kegiatan promosi UMKM dapat berjalan dengan efektif dan konsisten. Brand awareness merupakan aspek penting dalam perkembangan UMKM dikarenakan dari brand awareness, produk UMKM dapat dikenal masyarakat luas melalui promosi yang sehingga dapat memperluas penyebaran pasaran produk. Dengan berfokus pada pemasaran secara online pada media digital Instagram, hal ini dinilai lebih efektif dalam menyelesaikan permasalahan yang diangkat pada penelitian Tugas Akhir yang dilakukan. Dari latar belakang yang diangkat sebagai dasar penelitian, kegiatan pendampingan yang dilakukan menghasilkan portofolio produk Dayang Hijau Resto berupa foto produk. serta menerapkan ilmu Advertising & Marketing Communication pada masa perkuliahan, portofolio produk Dayang Hijau Resto dibagikan ke media online yang dipilih sebagai bentuk pemasaran dan implementasi dari tujuan Tugas Akhir peneliti. Melalui pendampingan pemasaran produk melalui media online Instagram, brand awareness dari produk UMKM menunjukan adanya peningkatan yang dapat dilihat dari insight Instagram Dayang Hijau Resto yang meningkat dengan menghasilkan engangement rate 20,19%. Hal ini menunjukan bahwa media memiliki peran besar untuk proses dan penyebaran informasi dalam mencapai target. Kata Kunci: Media Digital, Instagram, Pendampingan, UMKM, Media Planning,Direct Marketing

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 077
NIM/NIDN Creators: 44318010041
Uncontrolled Keywords: Media Digital, Instagram, Pendampingan, UMKM, Media Planning,Direct Marketing
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:11
Last Modified: 28 Nov 2022 02:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71991

Actions (login required)

View Item View Item