PERAN COPYWRITER DALAM PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “Ayo Jaga Prokes, Pandemi Belum Beres !” di Trans Studio Mall Cibubur

JULIANA, INKA (2022) PERAN COPYWRITER DALAM PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “Ayo Jaga Prokes, Pandemi Belum Beres !” di Trans Studio Mall Cibubur. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
44217320003 - INKA JULIANA - 02 COVER.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44217320003 - INKA JULIANA - 03 ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
44217320003 - INKA JULIANA - 04 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
44217320003 - INKA JULIANA - 05 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
44217320003 - INKA JULIANA - 06 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
44217320003 - INKA JULIANA - 07 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
44217320003 - INKA JULIANA - 08 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
44217320003 - INKA JULIANA - 09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
44217320003 - INKA JULIANA - 10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)

Abstract

ABSTRAK Iklan layanan masyarakat memiliki peran yang sangat penting pada saat ada suatu himbauan yang wajib disebarkan kepada masyarakat. Pandemi Covid -19 membuat pemerintah saat ini terus menerus berupaya untuk menerbitkan Iklan Layanan Masyarakat yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat agar selalu patuh terhadap protokol kesehatan. Penelitian ini akan lebih memfokuskan kepada bagian copywriter , bagaimana peranan seorang copywriter mampu membuat alur cerita, naskah, dan jingle yang menarik untuk di tonton oleh khalayak umum. Iklan layanan masyarakat ini berisikan kampanye tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan untuk memasuki pusat perbelanjaan dengan aman dan tetap waspada. Tujuan dari Skripsi yang berbentuk aplikatif ini, penulis ingin mengedukasi masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan di masa pandemi karena pandemi saat ini belum selesai. Iklan layanan masyarakat ini dibagikan penulis di media sosial seperti Instagram, karena saat ini Instagram mudah dan cepat dalam mengakses suatu konten tampilan audio visual. Berdasarkan proses produksi dan pembuatan skripsi aplikatif yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) Dalam proses pembuatan iklan layanan masyarakat “ Ayo Jaga Prokes, Pandemi Belum Beres!” ini, proses pembuatan ILM melalui tahap-tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi; (2) ILM ini membantu penulis dalam kemampuan mengamati atau observasi terhadap alur yang sesuai dan bahasa iklan yang baik untuk menjadi konten yang persuasive. Kata kunci : Iklan layanan masyarakat, protokol kesehatan, media sosial,pandemic, copywriter.. ABSTRACT Public advertising has a very important role when there is an appeal that must be given to the public. The Covid -19 pandemic has made the current government continue to strive to publish Public Service Advertisements to remind the public to always comply with health protocols. The study will focus more on the copywriter part, how a copywriter is able to create fascinating plot, script, and jingle for the public to watch.This public service advertisements included a campaign about the importance of keeping health protocols to enter the shopping center safely and stay alert. The goal of this applicant thesis, the writer wants to educate the public to maintain current health protocols in the pandemic as the current pandemic pandemic pandemic is incomplete. These public service ads are Shared by authors on social media such as instagram, as it is now easy and fast in accessing an audio content content. Based on the production process and the making of an applicative thesis, it can be concluded that: (1) In the process of making public service advertisements "Ayo Jaga Prokes, Pandemi Belum Beres!" In this case, the process of making public service advertisements goes through the stages, namely pre-production, production, and post-production; (2) this public service advertisement helps writers in the ability to observe or observe the appropriate flow and good advertising language to become persuasive content. Keywords : Public service Advertisement, health protocol, pandemic, social media, copywriter

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR 22 015
NIM/NIDN Creators: 44217320003
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Iklan layanan masyarakat, protokol kesehatan, media sosial,pandemic, copywriter.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 15 Nov 2022 06:07
Last Modified: 15 Nov 2022 06:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71600

Actions (login required)

View Item View Item