PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SARJANACRYPTO TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI INVESTASI CRYPTOCURRENCY (SURVEY PADA FOLLOWERS @SARJANACRYPTO)

NUGRAHA, NAUFAL PRISWA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SARJANACRYPTO TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI INVESTASI CRYPTOCURRENCY (SURVEY PADA FOLLOWERS @SARJANACRYPTO). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ASBTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)

Abstract

In 2021, many people, especially the millennial generation, are interested in learning and going directly to invest in various investment instruments, one of which is cryptocurrency. This can cause serious problems if it is not accompanied by the education and information needed to invest. The purpose of this research is to find out and explain the effect of using social media Instagram @sarjanacrypto on understandinginvestment cryptocurrency. This study uses the 4C theoretical basis from Chris Heuer which explains the components that must be present in every use of social media so that it is easy to use to meet user goals. The type of research used is explanatory with a quantitative approach. The population in this study were followers of the Instagram account @sarjanacrypto with a total of 400 respondents. The data collection technique in this study was using a survey method by distributing questionnaires. The results of this study indicate that based on a simple linear regression test there is a strong relationship between the variables of the use of social media Instagram @sarjanacrypto on the fulfillment of cryptocurrency investment information needs. Based on the results of the Pearson Correlations variables X and Y, there is a positive correlation between the influence of the use of social media Instagram @sarjanacrypto on meeting the information needs of cryptocurrency investment. Keywords: Social Media Instagram, Cryptocurrency Investment Information Needs, Millennial Generation Pada tahun 2021 banyak masyarakat khususnya generasi milenial yang tertarik untuk belajar dan terjun langsung untuk berinvestasi diberbagaimacam instrumen investasi salah satunya adalah cryptocurrency. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah yang serius jika tidak dibarengi dengan edukasi dan informasi yang dibutuhkan dalam berinvestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh penggunaan media sosial Instagram @sarjanacrypto terhadap pemahaman mengenai investasi cryptocurrency. Penelitian ini menggunakan landasan teori 4C dari Chris Heuer yang menjelaskan tentang komponen - komponen yang harus ada dalam setiap penggunaan media sosial agar mudah digunakan untuk memenuhi tujuan dari pengguna. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah followers akun instagram @sarjanacrypto dengan total 400 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode survei dengan menyebar kesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji regresi linear sederhana terdapat hubungan yang kuat antara variabel penggunaan media sosial Instagram @sarjanacrypto terhadap pemenuhan kebutuhan informasi investasi cryptocurrency. Berdasarkan hasil Pearson Correlations variabel X dan Y terdapat korelasi positif antara pengaruh penggunaan media sosial Instagram @sarjanacrypto terhadap pemenuhan kebutuhan informasi investasi cryptocurrency. Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Kebutuhan Informasi Investasi Cryptocurrency, Generasi Millenial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 158
Call Number: SK/42/22/038
NIM/NIDN Creators: 44217010087
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instagram, Kebutuhan Informasi Investasi Cryptocurrency, Generasi Millenial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.523 Cooperative Information Services/Layanan Informasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:39
Last Modified: 08 Nov 2022 02:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71401

Actions (login required)

View Item View Item