PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA FOLLOWERS AKUN @Ravie.Pie

RAMADANTY, DINDA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA FOLLOWERS AKUN @Ravie.Pie. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)

Abstract

The TikTok application is one application that is currently widely used in various circles. Not just videos with music, some users of the TikTok Application provide information, however, one must still be aware of the truth of the information. People need information through the media, people are expected to be able to select information that really fits their needs and is valid. This study aims to determine the effect of TikTok Application Users on Fulfilling Information Needs on Followers of the @Ravie.Pie Account. This study uses an associative positivistic paradigm. The population in this study are followers of the TikTok @Ravie.Pie account totaling 2.5 million people. Using the Slovin formula, a sample of 100 people was obtained using a simple random sampling technique. Data collection techniques using questionnaires and data analysis techniques Simple Linear Regression analysis. The results of the study found that the effect of using the Tiktok application on meeting the information needs of the @Ravie.Pie Account Followers was in the "strong" category, the correlation value (r) = 0.658. R Square (R2) or Coefficient of Determination (KD) = 0.433 or 43.3% Fulfillment of information needs of @Ravie.Pie Account Followers is influenced by the use of the Tiktok application. The effect of using the Tiktok application has a positive and significant effect on meeting the information needs of the @Ravie.Pie Account Followers, obtained tcount > ttable (8.650 > 1.98), a significant effect of 0.000 < 0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. Keywords: TikTok Application, Fulfillment of information needs Aplikasi TikTok salah satu aplikasi yang saat ini banyak digunakan diberbagai kalangan. Tidak hanya sekedar video dengan musik, beberapa para pengguna Aplikasi TikTok memberikan informasi yang mungkin banyak tidak diketahui oleh masyarakat. Namun, harus waspada dengan kebenaran informasi. Hal ini banyak masyarakat membutuhkan informasi melalui media sosial. Maka diharapkan mampu menyeleksi informasi yang benar-benar sesuai kebutuhan dan teruji informasinya. Salah satunya akun @Ravie.Pie. Akun ini memberikan informasi yang cukup bermanfaat kepada masyarakat. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pengguna Aplikasi TikTok Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Followers Akun @Ravie.Pie. Teori yang digunakan atau konsep media baru yaitu media sosial TikTok dan teori Uses and Gratification. Penelitian ini menggunakan paradigma postivistik bersifat asosiatif. Populasi adalah follower akun TikTok @Ravie.Pie berjumlah 2,5 juta orang. Menggunakan Rumus Slovin yaitu sampel sebanyak 100 orang dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian diketahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pada Followers Akun @Ravie.Pie berada pada kategori “kuat” diperoleh nilai korelasi (r) = 0,658. R Square (R2 ) atau Koefisien Determinasi (KD) = 0,433 atau 43,3% Pemenuhan kebutuhan informasi pada Followers Akun @Ravie.Pie dipengaruhi penggunaan Aplikasi TikTok. Pengaruh penggunaan Aplikasi TikTok berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pada Followers Akun @Ravie.Pie, diperoleh thitung > ttabel (8,650 > 1,98), berpengaruh signifikan 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Aplikasi TikTok, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 157
Call Number: SK/42/22/057
NIM/NIDN Creators: 44218110162
Uncontrolled Keywords: Aplikasi TikTok, Pemenuhan Kebutuhan Informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.523 Cooperative Information Services/Layanan Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.525 Selective Dissemination of Information (SDI)/Penyebaran Informasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 03 Nov 2022 08:31
Last Modified: 03 Nov 2022 08:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71255

Actions (login required)

View Item View Item