AKTIVITAS MEDIA RELATIONS HUBUNGAN MASYARAKAT DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN NEGARA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KEPADA MEDIA MASSA

ABID, FAISAL (2022) AKTIVITAS MEDIA RELATIONS HUBUNGAN MASYARAKAT DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN NEGARA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI KEPADA MEDIA MASSA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44220110071-Faisal Abid-01 Cover - Faisal Abid.pdf

Download (570kB)
[img] Text (Abstrak)
44220110071-Faisal Abid- Abstrak - Faisal Abid.pdf

Download (119kB)
[img] Text (Bab 1)
44220110071-Faisal Abid-02 BAB 1 - Faisal Abid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (Bab 2)
44220110071-Faisal Abid-03 BAB 2 - Faisal Abid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (Bab 3)
44220110071-Faisal Abid-04 BAB 3 - Faisal Abid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (Bab 4)
44220110071-Faisal Abid-05 BAB 4 - Faisal Abid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (Bab 5)
44220110071-Faisal Abid-06 BAB 5 - Faisal Abid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44220110071-Faisal Abid-07 Daftar Pustaka - Faisal Abid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (Lampiran)
44220110071-Faisal Abid-08 Lampiran - Faisal Abid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (Lembar Keabsahan)
44220110071-Faisal Abid-Form Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Unggah dan Publikasi Tugas Akhir - Faisal Abid.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Penting terbukanya arus informasi pada media massa dari Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) karena, media massa ini lah yang akan menyampaikan informasi ke masyarakat, sehingga apabila terhambatnya keterbukaan informasi pada media massa, akan menghambat juga penerimaan informasi ke masyarakat terkait kinerja ataupun perkembangan dari DJKN. Selain itu, keterbukaan informasi pada media massa juga akan menambah kepercayaan media massa sebagai instansi yang tidak tertutup akan informasi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dari media relations Humas DJKN dalam memenuhi kebutuhan informasi media massa. Salah satu teori yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah Strategi media relations oleh Iswandi Syahputra dari bukunya “Media Relations: Teori, Strategi, dan Intelejen”. Teori ini menjelaskan dua jenis strategi media relations, yaitu yang bersifat langsung dan tidak langsung. Pada penelitian ini, digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data wawancara dan dokumentasi, dimana peneliti melakukan wawancara dengan 4 key informant, dan didukung dengan dokumentasi berupa foto dan berkas terkait. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Humas DJKN melaksanakan beberapa dari strategi dari Iswandi Syahputra dan dengan beberapa penyesuaian saat pandemi Covid-19 menerpa. Dalam kategori media relations bersifat tidak langsung, Humas DJKN melakukan media gathering, media visit, dan media briefing. untuk kategori kegiatan bersifat langsung, Humas DJKN melakukan penulisan press release atau siaran pers. Kata kunci : Aktivitas Media relations, Humas, DJKN, Media. Its important to open the informations flow to mass media from Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) public relations because this media will convey the information to public, so if there is hamper information happen, it will also hamper the information to public about performance or development from DJKN. Beside that, disclosure information to mass media will increase trust from mass media as institution that not closed about information. The purpose of this research is to know the media relations activities of DJKN public relations in fulfilling informations needs for mass media. One of theory that use in this research is media relations strategy by Iswandi Syahpurta from his book “Media Relations: Teori, Strategi, dan Intelejen”. This theory tell about two type media relations strategy. Direct type and non direct type. This research is use qualitative description for research method with interview and collect documentation. This interview use four key informant dan support with documentation like picture and some related file. This research found that DJKN public relations is use few strategy from Iswandi Syahputra theory and some adjusment when pandemic Covid-19. In non direct media relations type, DJKN public relations do media gathering, media visit, and media briefing. In direct media relations type, DJKN public relations writing press release. Keywords : Media relations Activity, Public Relations, DJKN, Media.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220110071
Uncontrolled Keywords: Media relations Activity, Public Relations, DJKN, Media. Aktivitas Media relations, Humas, DJKN, Media.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: RIA SYAFITRI
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:28
Last Modified: 19 Oct 2022 03:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70588

Actions (login required)

View Item View Item