STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK ALAT KESEHATAN PASCA PANDEMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANLYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP) DI PT. ZULISMA MITRA BERSAMA

ROHMADI, IMAM (2022) STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK ALAT KESEHATAN PASCA PANDEMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN ANLYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP) DI PT. ZULISMA MITRA BERSAMA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)

Abstract

PT. Zulisma Mitra Bersama is a company engaged in the Distribution of Medical Devices located in Cilegon City. In its product sales system, this company has different sales targets. This study uses a questionnaire to see in more detail the problems that occur in product marketing using the SWOT and AHP methods. The research was designed with qualitative and quantitative analysis. The types of data used are primary and secondary data. The results of the identification of marketing strategies using the SWO matrix, namely the IFE matrix, obtained a strength score of 2.81 and 1.38, and a total IFE of 1.42 which means the company is in a strong state. The results of the EFE matrix score opportunity 3.14 and threat 1.07, and the total EFE 1.42 which means the company responds well to existing opportunities and overcomes obstacles. The selected and best marketing strategy using the AHP method is the SO strategy which is in a priority position. The strategy choices based on priorities are improving product quality, increasing online and offline based sales, improving internal sales skills, and increasing market reach. Keywords: Marketing Strategy; Medical Devices; SWOT; Analytical Hierarchy Process (AHP) PT. Zulisma Mitra Bersama merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang Penyalur Alat Kesehatan yang terletak Kota Cilegon. Dalam sistem penjualan produknya perusahaan ini mempunyai target penjualan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk melihat lebih detail permasalahan yang terjadi dalam pemasaran produk dengan menggunakan metode SWOT dan AHP. Penelitian didesain dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Hasil identifikasi strategi pemasaran menggunakan matriks SWO yaitu pada matriks IFE didapat skor strength 2.81 dan weakness 1.38, serta total IFE 1.42 yang berarti perusahaan dalam keadaan kuat. Hasil matriks EFE skor opportunity 3.14 dan threat 1.07, serta total EFE 1.42 yang berarti perusahaan merespon baik peluang-peluang yang ada dan mengatasi hambatan. Strategi pemasaran terpilih dan terbaik dengan menggunakan metode AHP adalah strategi SO yang berada pada posisi prioritas. Pilihan strategi berdasarkan prioritasnya yakni meningkatkan kualitas produk, meningkatkan penjualan berbasis online dan offline, meningkatkan skill sales internal, serta memperbanyak jangkauan pasar. Kata kunci: Strategi Pemasaran; Alat Kesehatan; SWOT; Analytical Hierarchy Process (AHP)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 22 046
NIM/NIDN Creators: 41618110094
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Alat Kesehatan; SWOT; Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 322 Relation of The State of Organized Groups/Hubungan Negara dengan Kelompok Sosial yang Terorganisir > 322.3 Business and Industry/Bisnis dan Industri
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:11
Last Modified: 17 Oct 2022 04:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70500

Actions (login required)

View Item View Item