IMPRESSION MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS OFFICER PADA AKTIVITASNYA DI RUMAH SAKIT RSAB HARAPAN KITA

SAFRONI, IRSYAD (2022) IMPRESSION MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS OFFICER PADA AKTIVITASNYA DI RUMAH SAKIT RSAB HARAPAN KITA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)

Abstract

This study aims to determine the activities of the PROs in the hospital to describe impression management with a dramatic approach. In this study, the role of a public relations officer can be seen from the front stage. In this study using a qualitative method with a case study approach, this research was conducted to understand the character of the research object. In this type of research, the aim is to understand individuals more deeply by being practiced in an integrative and comprehensive manner. In impression management which is related to Goffman's Dramaturgical Approach, in particular, it contains the view that when humans interact with each other, they want to manage the impression that they expect to grow on other people towards them. To that end, everyone puts on a show for others. By referring to the theory of Impression management, self presentation and also symbolic interactionism, the researcher wants to see how a PRO manages impressions to patients at RSAB Harapan Kita which will later provide a good self image and corporate image in the eyes of the public. The conclusion of this study is that PROs at Harapan Kita Hospital often carry out impression management in every activity when they are on duty as customer care. They do this in order to influence the patients who communicate with them with the aim of creating a positive image for themselves and their company, namely RSAB Harapan Kita. Keywords: Public Relations, Impression Management, Dramaturgy, RSAB Harapan Kita Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas para PRO di rumah sakit untuk menggambarkan impression management dengan pendekatan dramartugi. Didalam penelitian ini peran seorang humas bisa dilihat dari sisi panggung depan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini dilakukan untuk memahami karakter pada object penelitian. Dalam jenis riset seperti ini bertujuan membuat untuk memahami individu lebih mendalam dengan dipraktekkan secara integratif dan komprehensif. Di dalam impression management yang menyangkut dengan Pendekatan Dramaturgis Goffman khususnya berisikan pandangan bahwa ketika manusia berinteraksi dengan sesamanya, ia ingin mengelola kesan yang ia harapkan tumbuh pada orang lain terhadapnya. Untuk itu, setiap orang melakukan pertunjukan bagi orang lain. Dengan merujuk pada teori Impression management, self presentation dan juga interaksionisme simbolik peneliti ingin melihat bagaimana seorang PRO melakukan pengeloaan kesan kepada para pasien yang berada di RSAB Harapan Kita yang nantinya akan memberikan self image dan juga corporate image yang baik dimata publiknya. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa para PRO yang berada di RSAB Harapan Kita sering kali melakukan pengelolaan kesan atau impression management dalam setiap aktivitas pada saat bertugas menjadi customer care. Mereka melakukan hal tersebut agar dapat mempengaruhi para pasien yang berkomunikasi dengannya dengan tujuan menciptakan image positif bagi dirinya sendiri dan juga perusahaanya yaitu RSAB Harapan Kita. Kata Kunci: Public Relations, Impression Management, Dramaturgi, RSAB Harapan Kitah

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 124
NIM/NIDN Creators: 44218110051
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Impression Management, Dramaturgi, RSAB Harapan Kita
Subjects: 200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:22
Last Modified: 17 Oct 2022 03:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70484

Actions (login required)

View Item View Item