ANALISIS RESEPSI AUDIENCE TERHADAP NILAI-NILAI KASIH SAYANG DI VIDEO KLIP ME AFTER YOU-PAUL KIM

KINANTI, SEKAR (2022) ANALISIS RESEPSI AUDIENCE TERHADAP NILAI-NILAI KASIH SAYANG DI VIDEO KLIP ME AFTER YOU-PAUL KIM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

New Media has led to developments in enjoying a music or song through visualization or pictures what is often reffered to be a video clips. Video clips aim to market and convey messages through visualization and storylines that presented in a video clip. One of musicians from South Korea who was successful with the song’Me After You’, namely Paul Kim wa also successful in marketing his song through the video clip. Therefore, this study aims to determine the audience reception analysis regarding the value of affection in vide clip ‘Me After You-Paul Kim’. A video clip is a collection of visual pieces accompanied by music or a song that aims to market a song either through cassettes, CDs or though new media. Video clips as mass media become a means of critism, conveying messages to audiences or addressed to individuals and are packaged through appropriate music, lyrics and visual display. Reception analysis is a public understanding of media messeges received and processed through messages encoding and decoding. In the process the audience can experience the three possibilities : 1) Dominant Hegemony, 2) Negotiation and 3) Opposition. The paradigm used in this research is the constructivist paradigm. The type of research on this research is descriptive with a qualitative appoarch. This research method used a reception analysis method where the audience uses the meesage from the research. Data collection techniques usedcollect data primarily by seeing and hearing the result of interviews, and secondarily through articles or books related to the research object of research. Based on the result of this study, it shows that ten informant agree on the values of affection in the video clip Me After You – Paul Kim, and five informant experience a negitiatiom process and three informant experience oppositional meanings. Keyword : video clips, affection value, reception analysis Munculnya media baru atau New Media menjadikan perkembangan dalam menikmati sebuah musik atau lagu melalui visualisasi atau gambar atau yang sering disebut dengan video klip. Video klip bertujuan untuk memasarkan dan untuk menyampaikan pesan melalui visualisai atau alur cerita yang disajikan dalam suatu video klip. Salah satu musisi asal Korea Selatan yang sukses dengan lagu ‘Me After You’ yaitu Paul Kim pun ikut sukses memasarkan lagunya melalui video klip. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis resepsi khalayak mengenai nilai-nilai kasih sayang dalam video klip ‘Me After You – Paul Kim’. Video klip merupakan sekumpulan potongan visual yang diiringi alunan musik atau sebuah lagu yang bertujuan untuk memasarkan sebuah lagu baik melalui kaset, CD, ataupun melalui media baru. Video klip sebagai media massa menjadi suatu sarana kritik, penyampaian pesan kepada khalayak ataupun ditujukan kepada perorangan dan dikemas melalui musik, lirik dan tampilan visual yang sesuai. Analisis resepsi merupakan suatu pemaknaan khalayak mengenai pesan media yang diterima dan diproses melaui encoding dan decoding pesan. Dalam prosesnya khalayak dapat mengalami tiga kemungkinan: 1) Hegemoni Dominan, 2) Negosiasi dan 3) Oposisi. Paradigma yang digunakan di dalam penelitian ini adalah paradigma konstuktivis. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi dimana khalayak memaknai pesan dari objek penelitian peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara kepada sepuluh informan yang sudah ditentukan kriterianya. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer dengan melihat dan mendengar hasil wawancara, dan secara sekunder melalui artikel atau buku yang terkait dengan objek penelitian peneliti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa empat informan menyetujui adanya nilai-nilai kasih sayang dalam video klip Me After You – Paul Kim, ke-empat informan mengalami proses negosiasi yaitu menyetujui adanya nilai kasih sayang namun tidak berpengaruh apapun di kehidupan nyata, dan tiga orang mengalami pemaknaan berlawanan atau oposisi yaitu mengenai adegan yang dikritisi dalam video klip Me After You – Paul Kim. Kata kunci : video klip, nilai kasih sayang, analisis resepsi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 22 073
NIM/NIDN Creators: 44117010139
Uncontrolled Keywords: video klip, nilai kasih sayang, analisis resepsi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer > 006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer > 006.696 Digital Video/Video Digital
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.4 Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment/Pemikiran, Pertimbangan, Penalaran, Intuisi, Nilai, Pendapat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi > 778.5 Cinematography, Video Production, Related Activities/Sinematografi, Produksi Video, dan Kegiatan Terkait > 778.52 General Topics of Cinematography and Video Production/Topik-topik Umum Mengenai Sinematografi dan Produksi Video
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:46
Last Modified: 03 Oct 2022 04:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69828

Actions (login required)

View Item View Item