PENDAMPINGAN PRODUKSI KONTEN PROMOSI DALAM MEMAKSIMALKAN ENGAGEMENT TERHADAP FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM UMKM CHIPS TOPZ

ANASTASYA, NAMIRA (2022) PENDAMPINGAN PRODUKSI KONTEN PROMOSI DALAM MEMAKSIMALKAN ENGAGEMENT TERHADAP FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM UMKM CHIPS TOPZ. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Media sosial saat ini digunakan sebagai sebuah sarana dalam melakukan kegiatan promosi di kalangan pelaku bisnis bahkan UMKM. Konten yang menarik akan menjadi sebuah landasan dalam melakukan pemasaran media sosial. Oleh karena itu, Melalui konten yang menarik maka akan mempengaruhi peningkatan engagement dengan pelanggan sehingga lebih dikenal bahkan melakukan tindakan pembelian produk. Salah satu UMKM yang aktif melakukan kegiatan promosi di media sosial adalah UMKM Chips Topz. Pendampingan ini bertujuan untuk memaksimalkan engagement terhadap followers pada akun Instagram UMKM Chips Topz. Konsep yang digunakan dalam pendampingan ini adalah konsep Content Marketing yang dikemukakan oleh Kotler yang terdiri dari 8 tahapan pemasaran konten, yaitu penetapan tujuan, pemetaan audiens, perancangan dan ideasi konten, pembuatan konten, distribusi konten, amplifikasi konten, evaluasi konten dan pengembangan konten. Kemudian konsep Social Media Marketing Process Walter Lim yaitu Social Media Marketing Channels dan Content Creation and Curation. Kegiatan ini menggunakan metode pendampingan kepada UMKM Chips Topz. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan pemaparan materi melalui mini workshop dan pelatihan.mengenai produksi konten. Hasil dari kegiatan ini Instagram UMKM Chips Topz memiliki jumlah postingan sebanyak 81 post, tampilan feeds Instagram yang lebih rapih dan menarik serta jenis konten yang lebih bervariasi. Kegiatan ini juga menunjukan bahwa jenis konten yang dapat memaksimalkan engagement rate post terhadap followers akun @chips.topz adalah jenis konten informatif berbentuk video dengan nilai engagement rate post tertinggi yaitu 124%. Sementara, jenis konten infomatif berbentuk foto dengan nilai engagement rate post terendah yaitu 12,4% saja. Kata kunci: Pendampingan dan Pelatihan, Social Media Marketing, Produksi Konten, Instagram, Engagement.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 22 007
NIM/NIDN Creators: 44518010048
Uncontrolled Keywords: Pendampingan dan Pelatihan, Social Media Marketing, Produksi Konten, Instagram, Engagement
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian
600 Technology/Teknologi > 630 Agriculture and Related Technologies/Pertanian dan Teknologi Terkait
600 Technology/Teknologi > 630 Agriculture and Related Technologies/Pertanian dan Teknologi Terkait > 637 Processing Dairy and Related Products/Pengolahan Produk Susu dan Produk Terkait
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:55
Last Modified: 22 Sep 2022 07:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69328

Actions (login required)

View Item View Item