RESEPSI KHALAYAK MENGENAI IKLAN TOKOPEDIA X BTS PADA PEREMPUAN KOMUNITAS FANS K-POP DI JAKARTA

SYUKUR, FARID HAMDI (2022) RESEPSI KHALAYAK MENGENAI IKLAN TOKOPEDIA X BTS PADA PEREMPUAN KOMUNITAS FANS K-POP DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Didalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian mengenai inpterpretasi penerimaan dan pemaknaan suatu komunitas terhadap iklan Tokopedia X BTS di Youtube, yang di mana komunitas sebagai pengonsumsi teks media dan bagaimana mereka memandang dan memahami teks media ketika berhubungan dengan media. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interpretasi penerimaan dan pemaknaan Perempuan Komunitas Fans K- Pop di Jakarta pada iklan Tokopedia X BTS di Youtube dengan menggunakan landasan teori analisis resepsi oleh Stuart Hall. Metodologi menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam dan Focus Group Discussion. Dengan hasil penelitian menunjukan terdapat keberagaman dalam model pembacaan yang disebabkan oleh adanya perbedaan penilaian atas kode-kode yang disampaikan. Informan 1, informan 2 ke dalam model pembacaan dominated reading, Informan 3 berada dalam posisi sebagai pembaca negotiated reading, Sedangkan informan 4, dan informan 5 berada dalam posisi sebagai pembaca oposisional reading. Pada akhirnya peneliti memiliki saran untuk pihak-pihak yang terkait dalam pembuatan iklan tersebut dimana iklanya masih belum baik untuk expertise (keahlian) dari bintang iklan, bintang iklan tidak memiliki kapasitas dan posisi yang tepat sebagai representative citra perusahaan, bintang iklan tidak menunjukkan adanya interaksi kepada khalayak, seharusnyaa adanya wujud sikap mengajak bukan kesan yang ditampilkan dalam iklan ini adalah kesan popularitas.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 034
NIM/NIDN Creators: 44317010045
Uncontrolled Keywords: RESEPSI KHALAYAK MENGENAI IKLAN TOKOPEDIA X BTS PADA PEREMPUAN KOMUNITAS FANS K-POP DI JAKARTA
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:42
Last Modified: 22 Sep 2022 07:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69325

Actions (login required)

View Item View Item