SOSIALISASI ASURANSI BERBASIS TEKNOLOGI PT UNA DARMA INDONESIA DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN PENTINGNYA ASURANSI JIWA

HUTAMI, OKTI (2020) SOSIALISASI ASURANSI BERBASIS TEKNOLOGI PT UNA DARMA INDONESIA DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN PENTINGNYA ASURANSI JIWA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.Cover - Okti Hutami.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstract - Okti Hutami.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02 BAB.1 - Okti Hutami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text (BAB 2)
03 BAB.2 - Okti Hutami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
04 BAB.3 - Okti Hutami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4)
05 BAB.4 - Okti Hutami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 5)
06 BAB.5 - Okti Hutami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN - Okti Hutami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - Okti Hutami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
FORM PERNYATAAN KEABSAHAN - Okti Hutami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)

Abstract

PT Una Darma Indonesia merupakan perusahaan teknologi asuransi yang memberikan solusi asuransi jiwa. Mengingat hal ini masih terbilang baru, maka saat ini yang menjadi target adalah ibu-ibu rumah tangga yang masih awam tentang asuransi jiwa dan tergabung dalam RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Maka diperlukan sosialisasi asuransi berbasis teknologi untuk menumbungkan kesadaran pentingnya asuransi jiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan sosialisasi asuransi jiwa yang dilakukan oleh PT Una Darma Indonesia sehingga dapat menimbulkan kesadaran tanpa paksaan bahwa memiliki asuransi jiwa sebagai perlindungan perencanaan keuangan keluarga adalah sesuatu hal yang penting, Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang dilalui dengan proses observasi, pengumpulan data yang akurat berdasarkan fakta di lapangan disertai dengan wawancara narasumber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskritif analisis yaitu bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat kesadaran para peserta sosialisasi tentang pentingnya asuransi jiwa tumbuh dan berkembang. Hal ini dapat diketahui dari tanggapan yang mereka posting dalam Instagram dan facebook serta banyaknya pesan whatsapp yang masuk ke customer service PT Una Darma Indonesia untuk bertanya-tanya lebih jauh tentang produk asuransi jiwa yang dimiliki. Suksesnya acara ini tidak lepas dari dukungan pejabat daerah yaitu Lurah dan Ketua PKK setempat yang ikut membantu untuk megirimkan materi sosialisasi ke group wahatsapp RPTRA sebagai pengingat ataupun menyebarkan informasi dan edukasi bagi yang belum sempat hadir dalam kegiatan sosialisasi. PT Una Darma Indonesia is an insurance technology company that provides life insurance solutions. Considering this is still relatively new, currently the target are housewives who are still unfamiliar with life insurance and are incorporated in the RPTRA (Child Friendly Integrated Public Space). It is necessary to socialize technology-based insurance to raise awareness of the importance of life insurance. The purpose of this study is to find out how the process of life insurance socialization activities carried out by PT Una Darma Indonesia so as to raise awareness without coercion that having life insurance as a protection for family financial planning is something important, In this study, the authors used qualitative research, namely research that was passed by the process of observation, accurate data collection based on facts in the field accompanied by interviewees. The method used in this study is to use a qualitative approach that is descriptive in nature, which is aimed at making a systematic, factual and accurate description of the facts and characteristics of a population or a particular object. The results of the study can be seen that the level of awareness of the participants of the socialization about the importance of life insurance grows and develops. This can be seen from the responses they posted on Instagram and Facebook as well as the many WhatsApp messages that went to PT Una Darma Indonesia's customer service to ask further about life insurance products. The success of this event could not be separated from the support of regional officials namely the Lurah and the local PKK Chair who helped to deliver the materials to the RPTRA Wahatsapp group as a reminder or to disseminate information and education for those who had not been able to attend the socialization activities.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217110002
Uncontrolled Keywords: Socialization, Awareness, Life Insurance, Insurance Technology, and Una Darma Indonesia;PT Una Darma Indonesia merupakan perusahaan teknologi asuransi yang memberikan solusi asuransi jiwa. Mengingat hal ini masih terbilang baru, maka saat ini yang menjadi target adalah ibu-ibu rumah tangga yang masih awam tentang asuransi jiwa dan tergabung dalam RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Maka diperlukan sosialisasi asuransi berbasis teknologi untuk menumbungkan kesadaran pentingnya asuransi jiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses kegiatan sosialisasi asuransi jiwa yang dilakukan oleh PT Una Darma Indonesia sehingga dapat menimbulkan kesadaran tanpa paksaan bahwa memiliki asuransi jiwa sebagai perlindungan perencanaan keuangan keluarga adalah sesuatu hal yang penting, Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang dilalui dengan proses observasi, pengumpulan data yang akurat berdasarkan fakta di lapangan disertai dengan wawancara narasumber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskritif analisis yaitu bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat kesadaran para peserta sosialisasi tentang pentingnya asuransi jiwa tumbuh dan berkembang. Hal ini dapat diketahui dari tanggapan yang mereka posting dalam Instagram dan facebook serta banyaknya pesan whatsapp yang masuk ke customer service PT Una Darma Indonesia untuk bertanya-tanya lebih jauh tentang produk asuransi jiwa yang dimiliki. Suksesnya acara ini tidak lepas dari dukungan pejabat daerah yaitu Lurah dan Ketua PKK setempat yang ikut membantu untuk megirimkan materi sosialisasi ke group wahatsapp RPTRA sebagai pengingat ataupun menyebarkan informasi dan edukasi bagi yang belum sempat hadir dalam kegiatan sosialisasi.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Priyo Raharjo
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:32
Last Modified: 16 Sep 2022 03:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69160

Actions (login required)

View Item View Item