NABILLA, WITRI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI BUDAYA POPULER KOREA SELATAN (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
Abstract
Youtube merupakan salah satu platform media sosial yang populer di Indonesia. Sebagai media informasi, youtube yang dulu berfungsi sebagai tempat berbagi video musik, sekarang sudah bertambah fungsi nya yakni salah satunya sebagai media komunikasi yang dapat mempopulerkan trend atau budaya berbagai macam negara. Budaya yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat indonesia ialah, budaya populer Korea Selatan. Saat ini banyak sekali influencer atau youtuber Korea Selatan yang membagikan informasi mengenai budaya populer Korea Selatan seperti Korea Roemit, Kimbab Family, Hari Jisun, dan Sunny Dahyein. Melalui youtube channel nya, mereka menyajikan konten yang positif dan edukatif. Tujuan penelitian ini ialah, untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan video youtube terhadap pemenuhan kebutuhan informasi budaya populer Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden, berumur 20-24 tahun, menggunakan dan menonton youtube mengenai budaya populer Korea Selatan. Teknik penarikan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan oleh penulis. Penelitian ini menggunakan Rumus Yamane dengan presisi 10%. Dan teknik pengumpulan data kuesioner melalui google form. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat korelasi tinggi antara variabel penggunaan youtube terhadap variabel kebutuhan informasi. Besarnya pengaruh antara variabel penggunaan youtube terhadap variabel kebutuhan informasi adalah sebesar 72,3% dari 100%. Sedangkan sisanya sebesar 27,7%% dijelaskan oleh sebab atau hubungan lain. Maka kesimpulannya terdapat Pengaruh Penggunaan Video Youtube Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Budaya Populer Korea Selatan. Kata Kunci: Penggunaan Youtube, Kebutuhan Informasi, Budaya Populer
Actions (login required)
View Item |