HANIFAH, SINDY MELINDA (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PADA MEDIA ONLINE PEMERINTAH COVID19.GO.ID DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT MENGENAI PROGRAM VAKSINASI COVID-19 (EDISI 13 JANUARI – 28 JANUARI 2021). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
Abstract
Media online sebagai media baru saat ini dimanfaatkan oleh praktisi Public Relations untuk menjalankan fungsi komunikasinya. Dalam implementasinya praktisi Public Relationsmemiliki beragam media online, salah satunya yaitu website resmi yang dimiliki oleh instansi dan organisasi. Saat ini websitebukan hanya digunakan untuk menjelaskan kepada publiknya tentang identitas organisasi, namun sekarang digunakan untuk mempublikasikan pernyataan resmi berkaitan dengan isu tertentu. Sebagai contohnya yaitu Covid19.go.id yang digunakan oleh Satgas Penanganan COVID-19 dalam memberikan informasi terkait COVID-19, serta vaksinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita yang dilakukan oleh pemerintah melalui media onlineCovid19.go.id dalam membangun kepercayaan masyarakat mengenai program vaksinasi dengan menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Kosicki yang memuat unsur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber utama yang digunakan penelitian ini adalah teks pemberitaan tentang vaksin COVID-19 pada tanggal 13 Januari – 28 Januari 2021. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan studi kepustakaan baik melalui artikel atau pengumpulan bahan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan framing yang dilakukan Covid19.go.id terhadap pemberitaan mengenai vaksin COVID-19 adalah bahwa mengutamakan kepercayaan masyarakat terhadap vaksin adalah hal yang paling penting dengan membingkai program vaksinasi yang dijalankan pemerintah dengan vaksin yang bersertifikat halal yang tujuannya mencapai herd immunity yaitu sebagai cara menekan penyebaran virus COVID-19.Sehingga apabila dikaitkan dengan model Entman, maka seleksi isunya dengan pemilihan fakta vaksin yang sudah bersertifikasi halal dan aman untuk disuntikkan kepada masyarakat dan penonjolan aspek tertentunya dengan penulisan fakta seperti penjabaran bagaimana vaksin tersebut bisa bersertifikasi yang secara lengkap di publikasikan dalam artikel sebagai penyelesaian yang ditawarkan untuk mengatasi isu. Kata kunci: Vaksinasi, Covid19.go.id, Public Relations, Analisis Framing
Actions (login required)
View Item |