PUSPITARINI, INDAH (2022) PENGARUH ENDORSEMENT TASYA FARASYA DI YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI PRODUK JOYLAB (Survei kepada subscriber Tasya Farasya). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover - Indah Puspitarini 44317010002.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak - Indah Puspitarini 44317010002.pdf Download (75kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1 - Indah Puspitarini 44317010002.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2 - Indah Puspitarini 44317010002.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3 - Indah Puspitarini 44317010002.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4 - Indah Puspitarini 44317010002.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5 - Indah Puspitarini 44317010002.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka - Indah Puspitarini 44317010002.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran - Indah Puspitarini 44317010002.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
Abstract
Endorsement merupakan salah satu konsep pemasaran dalam media sosial yang dilakukan oleh pemilik bisnis sebagai strategi pemasaran. Endorsement ialah sebuah strategi di mana para selebritis menggunakan suatu produk dan kemudian pengalamannya dibagikan ke media sosial. Hal tersebut di atas untuk membuat konsumen lebih tertarik mencoba produk yang dipasarkan, sehingga tujuan penelitian ini ialah untuk melihat ada atau tidak ada dan besarnya pengaruh Endorsement Tasya Farasya di YouTube terhadap minat beli produk Joylab. Penelitian ini menggunakan dimensi TEARS (trushworhiness, expertise, attracktiveness, respect, dan similarity) untuk variabel Endorsement dan AISAS (attention, interest, search, action, dan share) untuk variabel minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei pada 100 subscriber YouTube Tasya Farasya. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dengan teknik purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan analisa korelasi dan analisa regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, Endorsement Tasya Farasya di YouTube memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap minat beli produk Joylab sebesar 63,9%. Hasil uji korelasi menunjukkan angka 0.799 di mana tingkat korelasinya tergolong kuat, sedangkan hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi 0,356 yang berarti adanya pengaruh positif dan nilai korelasi (R) sebesar 0,799 memperoleh ouput koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,639 yang berarti pengaruh endorsement terhadap minat beli sebesar 63,9%. Kata Kunci: Endorsement, Celebrity Endorser, TEARS Model, YouTube, Minat Beli, AISAS, Joylab
Actions (login required)
View Item |