IMPLEMENTASI NATION BRANDING PESONA INDONESIA DALAM MENARIK MINAT TRAVELING ANGGOTA KOMUNITAS BACKPACKER JAKARTA

HASIAN, CHRISTMESYA THERESA (2019) IMPLEMENTASI NATION BRANDING PESONA INDONESIA DALAM MENARIK MINAT TRAVELING ANGGOTA KOMUNITAS BACKPACKER JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Traveling atau kegiatan berwisata saat ini merupakan kebutuhan individu yang menjadi bagian dari gaya hidup. Berwisata merupakan kebutuhan yang digunakan untuk beristirahat dari kegiatan serta kesibukan sehari-hari. Hal ini ditunjukan oleh adanya peningkatan perjalanan pariwisata global yang ditopang oleh beberapa hal yaitu hari libur yang semakin panjang, tabungan masyarakat yang semakin besar, ukuran keluarga yang semakin kecil, tingkat kesehatan masyarakat yang baik, adanya kemudahan memperoleh informasi destinasi wisata, serta tingkat pendidikan masyarakat yang semakin tinggi. Fenomena baru ini kemudian dimanfaatkan oleh berbagai negara di dunia untuk meningkatkan devisa dan pendapatan negaranya melalui sektor pariwisata. Salah satunya adalah Indonesia yang mulai meluncurkan nation branding “Wonderful Indonesia” di tahun 2011, kemudian “Pesona Indonesia” di tahun 2015. Kementerian Pariwisata memiliki sebuah metode yang disebut dengan BAS, yaitu Branding, Advertising, dan Selling untuk memperkenalkan “Wonderful Indonesia” atau “Pesona Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi nation branding Pesona Indonesia dalam menarik minat traveling anggota komunitas Backpacker Jakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif untuk mengetahui bagaimana implementasi nation branding Pesona Indonesia dalam menarik minat anggota sebuah komunitas traveling yaitu Backpacker Jakarta untuk melakukan perjalanan wisata di dalam negeri. Sehingga dengan adanya kegiatan branding tersebut masyarakat khususnya anggota komunitas Backpacker Jakarta memiliki minat yang amat tinggi terhadap pariwisata nusantara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peniliti menarik kesimpulan bahwa ada 6 tahapan yang menjadi pertimbangan, yaitu participation decision, tourism budget decision, frequency and length of stay decision, kind of tourist destination decision, final destination, mode of transportation choice. Berdasarkan pertimbangan ini, anggota komunitas Backpacker Jakarta tetap memprioritaskan Indonesia sebagai destinasi wisata utama yang ingin mereka jelajahi oleh karena pesona keindahan alam serta budayanya. Kata Kunci : Nation Branding, Pesona Indonesia, Pariwisata, Backpacker Jakarta, Komunitas Traveling

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 381
NIM/NIDN Creators: 44215110060
Uncontrolled Keywords: Nation Branding, Pesona Indonesia, Pariwisata, Backpacker Jakarta, Komunitas Traveling
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 061 General Organizations in Indonesia/Organisasi-organisasi Umum di Indonesia
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 180 Ancient, Medieval, Oriental Philosophy/Filsafat Zaman Kuno, Abad Pertengahan dan Filsafat Timur
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 180 Ancient, Medieval, Oriental Philosophy/Filsafat Zaman Kuno, Abad Pertengahan dan Filsafat Timur > 181 Oriental Philosophy/Filsafat Timur
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:08
Last Modified: 21 Mar 2023 07:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68225

Actions (login required)

View Item View Item