HASIAN, CHRISTMESYA THERESA (2019) IMPLEMENTASI NATION BRANDING PESONA INDONESIA DALAM MENARIK MINAT TRAVELING ANGGOTA KOMUNITAS BACKPACKER JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (94kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Traveling atau kegiatan berwisata saat ini merupakan kebutuhan individu yang menjadi bagian dari gaya hidup. Berwisata merupakan kebutuhan yang digunakan untuk beristirahat dari kegiatan serta kesibukan sehari-hari. Hal ini ditunjukan oleh adanya peningkatan perjalanan pariwisata global yang ditopang oleh beberapa hal yaitu hari libur yang semakin panjang, tabungan masyarakat yang semakin besar, ukuran keluarga yang semakin kecil, tingkat kesehatan masyarakat yang baik, adanya kemudahan memperoleh informasi destinasi wisata, serta tingkat pendidikan masyarakat yang semakin tinggi. Fenomena baru ini kemudian dimanfaatkan oleh berbagai negara di dunia untuk meningkatkan devisa dan pendapatan negaranya melalui sektor pariwisata. Salah satunya adalah Indonesia yang mulai meluncurkan nation branding “Wonderful Indonesia” di tahun 2011, kemudian “Pesona Indonesia” di tahun 2015. Kementerian Pariwisata memiliki sebuah metode yang disebut dengan BAS, yaitu Branding, Advertising, dan Selling untuk memperkenalkan “Wonderful Indonesia” atau “Pesona Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi nation branding Pesona Indonesia dalam menarik minat traveling anggota komunitas Backpacker Jakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif untuk mengetahui bagaimana implementasi nation branding Pesona Indonesia dalam menarik minat anggota sebuah komunitas traveling yaitu Backpacker Jakarta untuk melakukan perjalanan wisata di dalam negeri. Sehingga dengan adanya kegiatan branding tersebut masyarakat khususnya anggota komunitas Backpacker Jakarta memiliki minat yang amat tinggi terhadap pariwisata nusantara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peniliti menarik kesimpulan bahwa ada 6 tahapan yang menjadi pertimbangan, yaitu participation decision, tourism budget decision, frequency and length of stay decision, kind of tourist destination decision, final destination, mode of transportation choice. Berdasarkan pertimbangan ini, anggota komunitas Backpacker Jakarta tetap memprioritaskan Indonesia sebagai destinasi wisata utama yang ingin mereka jelajahi oleh karena pesona keindahan alam serta budayanya. Kata Kunci : Nation Branding, Pesona Indonesia, Pariwisata, Backpacker Jakarta, Komunitas Traveling
Actions (login required)
View Item |