PENGARUH PESAN KAMPANYE #YUKBELAJARSAHAM OLEH AKUN INSTAGRAM @INVESTORSAHAMPEMULA TERHADAP PERUBAHAN SIKAP INVESTING SOCIETY FOLLOWERS

Rahayu, Sri (2020) PENGARUH PESAN KAMPANYE #YUKBELAJARSAHAM OLEH AKUN INSTAGRAM @INVESTORSAHAMPEMULA TERHADAP PERUBAHAN SIKAP INVESTING SOCIETY FOLLOWERS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang, dimana orientasi pengelolaan finansial masyarakatnya masih termasuk dalam kategori saving society (menabung). Berbeda halnya dengan negara maju yang sudah termasuk dalam kategori investing society (investasi). Hal tersebut dikarenakan masih rendahnya tingkat literasi keuangan di pasar modal Indonesia. Oleh karena itu, Komunitas Investor Saham Pemula (ISP) turut berpartisipasi dalam salah satu program Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan melakukan kampanye #YukBelajarSaham. Kampanye tersebut dilakukan secara offline ataupun online melalui berbagai media sosial, salah satunya Instagram. Teori stimulus – respon (S – R) menunjukan komunikasi sebagai proses aksi-reaksi yang sangat sederhana, serta bersifat timbal balik dan mempunyai banyak efek yang dapat mengubah tindakan komunikasi (communication act). Untuk mengetahui sejauhmana pengaruh sejauh mana pengaruh pesan kampanye #YukBelajarSaham oleh akun Instagram @investorsahampemula terhadap perubahan sikap investing society followers. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian survei pada folllowers akun Instagram @investorsahampemula yang berjumlah 112.000 pengguna pada tanggal 13 September 2019. Peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesan kampanye #YukBelajarSaham memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap perubahan sikap investing society followers akun Instagram @investorsahampemula. Hal ini dikarenakan hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa pesan kampanye #YukBelajarSaham memiliki nilai koefisien sebesar 0,571 dan bernilai positif. Dengan kata lain, semakin baik pesan yang disampaikan dalam kampanye #YukBelajarSaham maka tingkat perubahan sikap investing society follower juga akan semakin meningkat. Kata Kunci: Hubungan Komunitas, Pesan Kampanye, Perubahan Sikap

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 099
Call Number: SK/42/20/008
NIM/NIDN Creators: 44217110178
Uncontrolled Keywords: Hubungan Komunitas, Pesan Kampanye, Perubahan Sikap
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.91 Influence of Physical Environment and Conditions/Pengaruh Lingkungan dan Kondisi Fisik
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:32
Last Modified: 24 Mar 2023 02:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68217

Actions (login required)

View Item View Item