Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Pahlawan dan Tarian Indonesia pada Uang Kertas Tahun 2016

SEPTIAWAN, ANGGA (2018) Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Pahlawan dan Tarian Indonesia pada Uang Kertas Tahun 2016. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
daftar gambar baru.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman judul.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pernyataan.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Mata uang merupakan suatu alat pembayaran yang digunakan dalam transaksi ekonomi pada setiap negara. Selain berperan sebagai alat pembayaran, mata uang tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran karena di dalam mata uang tersebut tersimpan informasi pembelajaran seperti tokoh pahlawan, budaya setiap daerah, tarian daerah, dll. Berdasarkan hal tersebut penulis berusaha menyajikan suatu pegetahuan dalam bentuk aplikasi yang berisi informasi dan sejarah dari masing-masing Pahlawan Nasional dan Tarian Daerah yang terdapat pada uang kertas Indonesia dalam bentuk Augmented Reality dengan memanfaatkan smartphone android sebagai media penunjang dan uang kertas Indonesia sebagai marker. Dalam pembangunan aplikasi ini, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC terdiri dari enam tahap yaitu pengonsepan (concept), perancangan (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan pendistrribusian (distribuiton). Hasil penelitian adalah sebuah aplikasi media pembelajaran pengenalan Pahlawan dan Tarian Indonesia pada Uang Kertas Tahun 2016 dengan memanfaatan AR Keyword : Uang, Augmented Reality, Pahlawan, Tarian, Unity

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO 18 002
NIM/NIDN Creators: 41515310040
Uncontrolled Keywords: Uang, Augmented Reality, Pahlawan, Tarian, Unity
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:07
Last Modified: 15 Aug 2022 03:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67582

Actions (login required)

View Item View Item