ALDI, MAULANA (2022) PENGARUH E-WOM, CITRA DESTINASI, DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA GEOPARK CILETUH PELABUHAN RATU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
Abstract
Tourism is one of the sectors that is highly relied on in national development because tourism can increase national income and regional income as well as foreign exchange. One that has attracted the attention of tourists in recent years is the Geopark Ciletuh Pelabuhanratu. In 2017 Pelabuhanratu officially received the title as a UNESCO Global Geopark (UGG). The purpose of this study was to determine the effect of e-WOM, Destination Image, Tourist Attraction on Visiting Interest. The subjects in this study were people in West Jakarta who had never visited the Ciletuh Geopark. The sample used in this study were 140 respondents. The sampling method was carried out by convenience sampling method. This study uses SEM data analysis techniques and data processing using Partial Least Square (PLS). The results of this study indicate that e-WOM has a significant positive effect on Visiting Interest, Destination Image has a significant positive effect on Visiting Interest, Tourist Attraction has a significant positive effect on Visiting Interest. Keyword: Electronic Word of Mouth, Destination Image, Tourist attraction, , Intention to Visit, Geopark Ciletuh, Pelabuhanratu. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat diandalkan dalam pembangunan nasional karena pariwisata dapat meningkatkan pendapatan nasional dan pendapatan daerah serta devisa negara. Salah satu yang cukup menarik perhatian wisatawan beberapa tahun terakhir adalah wisata Geopark Ciletuh Pelabuhanratu. Pada tahun 2017 Pelabuhanratu resmi mendapatkan predikat sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-WOM, Citra Destinasi, Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung. Subjek pada penelitian ini adalah masyarakat di Jakarta Barat yang belum pernah mengunjungi Geopark Ciletuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 140 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM dan pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berkunjung, Citra Destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berkunjung, Daya Tarik Wisata berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Berkunjung. Kata kunci : Electronic Word of Mouth, Citra Destinasi, Daya Tarik Wisata, Geopark Ciletuh, Pelabuhanratu
Actions (login required)
View Item |