ANALISA MENURUNKAN JUMLAH KECELAKAAN KERJA DI LINE SEWING MENGGUNAKAN METODE PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACT)

Mahendra, Ade (2018) ANALISA MENURUNKAN JUMLAH KECELAKAAN KERJA DI LINE SEWING MENGGUNAKAN METODE PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACT). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pernyataan.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
9. BAB I (Pendahuluan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
10. BAB II (Tinjauan Pustaka).pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
11. BAB III (Metode Penelitian).pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
12. BAB IV (Pengumpulan dan Pengolahan Data).pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
13. BAB V (Hasil dan Pembahasan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
14. BAB VI (Kesimpulan dan Saran).pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)

Abstract

Angka kecelakaan kerja pada pekerja di sebuah perusahaan berhubungan dengan proses kerja yang dilakukan oleh pekerja tersebut. Di sektor industri khususnya di bagian produksi memiliki potensi bahaya yang berasal dari proses kerjanya yang dapat mengakibatkan pekerja mengalami kecelakaan sehingga proses kerja dapat terganggu. Line sewing adalah salah satu proses kerja yang menimbulkan kecelakaan kerja, dengan kategori moderate, oleh karena itu perlu dilakukan analisa untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Identifikasi dilakukan dengan menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Act) yang meliputi diagram pareto dan diagram fishbone. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yaitu material, manusia dan mesin. Kesimpulan nya adalah usulan perbaikan yang diberikan berupa pemakaian Alat Pelindung Diri (APD), membuat skill matrix untuk kemampuan operator dan memodifikasi mesin dengan penambahan guard pelindung dan merubah pedal menjadi tombol untuk proses kerja mesin. Kata Kunci : Identifikasi, Kaizen, PDCA, Diagram Fishbone, Diagram Pareto

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND 19 006
NIM/NIDN Creators: 41614320008
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Kaizen, PDCA, Diagram Fishbone, Diagram Pareto
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.4 Executive Management/Manajemen Eksekutif
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:24
Last Modified: 18 Jul 2022 08:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/65401

Actions (login required)

View Item View Item