Mahendra, Ade (2018) ANALISA MENURUNKAN JUMLAH KECELAKAAN KERJA DI LINE SEWING MENGGUNAKAN METODE PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACT). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pernyataan.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text
9. BAB I (Pendahuluan).pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text
10. BAB II (Tinjauan Pustaka).pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
Text
11. BAB III (Metode Penelitian).pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text
12. BAB IV (Pengumpulan dan Pengolahan Data).pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
||
Text
13. BAB V (Hasil dan Pembahasan).pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text
14. BAB VI (Kesimpulan dan Saran).pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
Abstract
Angka kecelakaan kerja pada pekerja di sebuah perusahaan berhubungan dengan proses kerja yang dilakukan oleh pekerja tersebut. Di sektor industri khususnya di bagian produksi memiliki potensi bahaya yang berasal dari proses kerjanya yang dapat mengakibatkan pekerja mengalami kecelakaan sehingga proses kerja dapat terganggu. Line sewing adalah salah satu proses kerja yang menimbulkan kecelakaan kerja, dengan kategori moderate, oleh karena itu perlu dilakukan analisa untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Identifikasi dilakukan dengan menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Act) yang meliputi diagram pareto dan diagram fishbone. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yaitu material, manusia dan mesin. Kesimpulan nya adalah usulan perbaikan yang diberikan berupa pemakaian Alat Pelindung Diri (APD), membuat skill matrix untuk kemampuan operator dan memodifikasi mesin dengan penambahan guard pelindung dan merubah pedal menjadi tombol untuk proses kerja mesin. Kata Kunci : Identifikasi, Kaizen, PDCA, Diagram Fishbone, Diagram Pareto
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/IND 19 006 |
NIM/NIDN Creators: | 41614320008 |
Uncontrolled Keywords: | Identifikasi, Kaizen, PDCA, Diagram Fishbone, Diagram Pareto |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.4 Executive Management/Manajemen Eksekutif |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 08:24 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 08:24 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/65401 |
Actions (login required)
View Item |