PERENCANAAN DAN PENDAMPINGAN STRATEGI BRANDING DAN PROMOSI UMKM MOMASTEL UNTUK MENCAPAI BRAND AWARENESS PADA PERIODE APRIL 2021-JANUARI 2022

RIDHO, MUHAMMAD RASYID (2022) PERENCANAAN DAN PENDAMPINGAN STRATEGI BRANDING DAN PROMOSI UMKM MOMASTEL UNTUK MENCAPAI BRAND AWARENESS PADA PERIODE APRIL 2021-JANUARI 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Momastel merupakan salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berlokasi di Perumahan Japos Graha Lestari, Jl. Kutilang Blok D7/20, Jurangmangu, Pondok Aren, Tangerang Selatan. UMKM Momastel merupakan usaha makanan ringan pastel yang telah dijalankan oleh Ibu Lathifah Sayuti selama 9 tahun sejak 2012. Dalam menjalankan usahanya, Momastel masih menghadapi banyak permasalahan dalam segi branding dan promosi, diantaranya belum memiliki unsur-unsur branding, media promosi yang masih minim, serta belum adanya unique selling pada produknya. Dikarenakan permasalahan-permasalahan tersebut, Momastel masih kesulitan untuk meningkatkan brand awareness pada konsumen. Dalam kegiatan pendampingan ini, penulis selaku Strategic Planner menerapkan strategi Integrated Marketing Communication (IMC) yang membagi bentuk komunikasi merek menjadi dua bagian besar, yaitu branding dan promosi. Dalam segi branding, penulis melakukan pembuatan unsur-unsur branding seperti nama merek, logo, packaging, mascot, tagline, dan varian produk. Sedangkan dalam segi promosi, penulis melakukan program promosi melalui media cetak luar ruang, media digital, pembukaan booth, giveaway, dan influencer endorsement. Setelah seluruh kegiatan pendampingan telah selesai dilakukan, Momastel dinilai berhasil meningkatkan brand awareness pada konsumen dari unaware of brand menjadi brand recognition. Dimana pada tingkatan ini konsumen dapat mengidentifikasi merek “Momastel” sebagai pastel buatan Ibu Lathifah. Kata Kunci: UMKM, Strategi Branding dan Promosi, IMC, Brand Awareness, Strategic Planner

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 027
Call Number: SK/43/22/015
NIM/NIDN Creators: 44318010044
Uncontrolled Keywords: UMKM, Strategi Branding dan Promosi, IMC, Brand Awareness, Strategic Planner
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 307 Communities/Komunitas > 307.1 Planning and Development/Perencanaan dan Pengembangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.1 Procedural and Social Aspect/Prosedur dan Aspek Sosial Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711.13 Social Factors Affecting Planning/Faktor Sosial yang Mempengaruhi Perencanaan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.5 Plans for Specific Kinds of Areas/Perencanaan untuk Jenis Area Tertentu
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Amin Sujatmiko
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:09
Last Modified: 21 Sep 2022 04:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/65256

Actions (login required)

View Item View Item