APLIKASI MOBILE UNTUK BUKU PANDUAN MARI BELAJAR TATA CARA SHOLAT DAN DOA SEHARI-HARI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

RIZAL, RIYAN SAIFUL (2017) APLIKASI MOBILE UNTUK BUKU PANDUAN MARI BELAJAR TATA CARA SHOLAT DAN DOA SEHARI-HARI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. Hal Cover.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK Riyan Saiful Rizal 41513210019 APLIKASI MOBILE UNTUK BUKU PANDUAN MARI BELAJAR TATA CARA SHALAT DAN DOA SEHARI-HARI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY TUGAS AKHIR. Jurusan Informatika. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Mercubuana. 2017 Pembimbing : Desi Ramayanti, S.Kom, MT Kata kunci : Android , Augmented Reality, Gerakan Shalat, Doa sehari-hari. Sebagian besar buku adalah sarana yang paling banyak digunakan dalam media pembelajaran untuk mendapatkan informasi atau ilmu. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh orang tua dan guru disekolah menggunakan metode membaca dan menghafal. Metode tersebut kemungkinan akan menimbulkan rasa bosan pada diri anak. Pada saat ini buku-buku yang digunakan untuk tata cara shalat juga masih bersifat konvensional dan monoton yang hanya berupa teks dan gambar 2D. Oleh karena itu, untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan efektif penulis memberikan solusi dengan dibuatnya sebuah aplikasi mari belajar tata cara gerakan shalat dan doa sehari-hari menggunakan teknologi augmented reality. Dimana pada aplikasi tersebut memberikan gambaran gerakan shalat dan doa sehari-hari dengan animasi beserta suara. Teknologi augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda nyata dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode pengembangan multimedia menurut Arch Luther yang terdiri dari 6 tahap yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Hasil akhir aplikasi ini berupa sebuah Aplikasi mobile di platform android menggunakan teknologi Augmented Reality yang dapat menampilkan visualisasi tiga dimensi (3D) dari gerakan shalat dan contoh doa sehari-hari dengan bantuan marker berupa buku yang telah terintegrasi pada aplikasi ini. Aplikasi ini diharapkan menjadi salah satu media pembelajaran baru yang dapat membuat minat anak dalam belajar shalat menjadi lebih menyenangkan. ABSTRACT Riyan Saiful Rizal 41513210019 MOBILE GUIDE BOOK APPLICATION LET’S LEARN HOW TO SHALAT AND DAILY PRAYS USE AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY. THESIS. Major of Informatics. Faculty of Computer Sciences. University of Mercu Buana. 2017 Mentor : Desi Ramayanti, S.Kom, MT Key word : Android , Augmented Reality, Shalat Movement, Daily Prays. Mostly books are the media that used in education to get information or knowledge. The process of education between parent and teacher at school usually use methode of reading and recitation. Those methodes probably will cause boring for kids. In recently, the books that learn how to shalat are conventional and monoton, only content text and 2D image. Therefore, to create an enjoyable and effective study condition, an author gives solution by making let’s learn about shalat movement and daily prays use augmented reality application. Which is, in that application gives movement of shalat and daily prays with animation and sound. Augmented reality technology is a technology that combine real 2D or 3D object to the real environment. This improving application use methode advanced multimedia which according to Arch Luther has 6 steps : concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution. The final of this application is mobile application in plat form android use Augmented Reality technology which can show the 3D visualitation of motion shalat and exampling daily prays with marker assistent like intergrated book in this application. This application hopely can be one of the new learning media that affect the kid’s passion in learning shalat so it will be much more interesting and fun.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI 2017 002
NIM/NIDN Creators: 41513210019
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Android , Augmented Reality, Gerakan Shalat, Doa sehari-hari.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:17
Last Modified: 11 Jul 2022 04:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/64913

Actions (login required)

View Item View Item