Hidayat, Rinaldi (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PT APLIKASI KARYA ANAK BANGSA (GOJEK) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA UMKM KULINER DI DALAM APLIKASI GO-FOOD PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
Abstract
Menurut riset Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), ekonomi digital telah berkontribusi sebesar 5.5% atau sekitar Rp 814 Triliun untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2018. Berdasarkan riset yang sama, sektor ekonomi digital juga telah membantu membuka sekitar 5.7 juta lapangan kerja baru. Dapat dilihat, perlahan tapi pasti ekonomi digital juga telah memberikan kontribusi positifnya dalam mendorong kemajuan ekonomi di Indonesia. Akan tetapi, pandemi yang baru-baru ini melanda memberikan dampak serius bagi seluruh sektor industri tanpa terkecuali. Berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 83.5 persen perusahaan digital terkena dampak negatif akibat pandemi. Konsep utama dalam penelitian ini mengacu pada lima faktor penting yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi komunikasi dimana Arifin menyebutkan bahwa dalam merumuskan strategi komunikasi terdapat 5 (lima) faktor yang harus diperhatikan, yakni; mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, penggunaan media, dan peranan komunikator (Poentarie, 2013). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan paradigm konstruktivis dan metode kualitatif serta dengan pendekatan secara studi kasus, untuk mengetahui lebih mendalam strategi komunikasi yang digunakan Gojek mulai dari proses mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, penggunaan media dan peranan komunikator dimana dalam pengambilan data primer dilakukan metode depth in interview atau wawancara mendalam serta observasi partisipan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perumusan strategi komunikasi sangat efektif di terapkan pada perusahaan Gojek, mulai dari memfokuskan UMKM sebagai khalayak utama di masa Pandemi, menyusun pesan berupa sosialisasi yang bersifat informatif, edukatif dan persuasif, serta metode kampanye #DirumahAja yang efektif diterapkan pada khayalak Gofood Indonesia. Media yang dipilih sejalan dengan peran-peran aktif para komunikator yang mendukung strategi yang dijalankan Gofood Indonesia. Kata kunci: Strategi komunikasi, Pandemi, Gojek, UMKM
Actions (login required)
View Item |