PENGARUH KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN UNDANG-UNDANG PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN

WIDJAJA, YAJA (2015) PENGARUH KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN UNDANG-UNDANG PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
01 Cover Pengesahan Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
02 ABSTRAKSI.pdf

Download (615kB)
[img] Text (Bab 1)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab 3)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
08 Daftar Pustaka Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pajak merupakan sumber penerimaan Negara yang sangat penting dan potensial. Pemerintah Indonesia dalam membiayai pembangunan mempunyai 3 (tiga) sumber penerimaan pokok, yaitu : penerimaan dari sektor pajak, penerimaan dari sektor migas, dan penerimaan dari sektor bukan pajak. Dari ketiga sumber yang tersebut di atas, penerimaan dari sektor pajak merupakan sumber terbesar penerimaan Negara. Oleh karena itu kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak sangat menentukan keberhasilan dan peningkatan penerimaan Negara dari sektor pajak. Kepatuhan wajib pajak ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, pada penelitian ini, peneliti mengambil pengaruh komunikasi pada faktor eksternal sedangkan faktor internal, peneliti mengambil pengaruh dari pemahaman Undang-Undang. Tujuan penelitian ini adalah meneliti variabel komunikasi dan pemahaman Undang-Undang Pajak terhadap kepatuhan wajib pajak baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak badan yang yang aktif, dan berada di wilayah Kelurahan Cideng di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua. Data diperoleh melalui kuisioner yang dibagikan kepada responden. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas terdiri dari komunikasi (X1) dan pemahaman undang-undang pajak (X2), sedangkan variabel terikat adalah kepatuhan wajib pajak. Data dianalisa menggunakan analisa regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dan pemahaman undang- undang pajak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa secara bersama-sama komunikasi dan pemahaman undang-undang pajak memberikan kontribusi kepada variabel kepatuhan wajib pajak sebesar 85,60 %. Sedangkan sisanya 14,40 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar model.. Artinya, bahwa variabel komunikasi dan pemahaman undang-undang pajak terhadap kepatuhan wajib pajak secara bersamaan diketahui bahwa variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan, sehingga kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Jakarta Gambir Dua Kelurahan Cideng cenderung berkualitas baik. Kepatuhan wajib pajak sangat dipengaruhi oleh efektifitas komunikasi dan tingkat pengetahuan yang baik terhadap pemahaman undang-undang pajak. Kata Kunci : Komunikasi, Pemahaman Undang-Undang Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-555-15-042
NIM/NIDN Creators: 55510110007
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pemahaman Undang-Undang Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak. pjk, akuntansi perpajakan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:37
Last Modified: 06 Jul 2022 04:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/64569

Actions (login required)

View Item View Item