PEMAKNAN PESAN IKLAN DALAM MEDIA BARU (Analisis Resepsi Stuart Hall Pesan Iklan Telkomsel, Indosat dan XL Pada Facebook)

ANWAR, FAHMI (2015) PEMAKNAN PESAN IKLAN DALAM MEDIA BARU (Analisis Resepsi Stuart Hall Pesan Iklan Telkomsel, Indosat dan XL Pada Facebook). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
Hal Cover.pdf

Download (467kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Program periklanan yang efektif dan efisien harus didukung oleh aspek penyusunan pesan iklan, pengemasan iklan, dan aspek lainnya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Para produsen harus menerapkan konsep komunikasi pemasaran terpadu yang berorientasi pasar atau konsumen, terlebih lagi dengan adanya kemajuan teknologi komunikasi. Hal ini dilakukan dengan mengerahkan segala kreatifitas sehingga bentuk akhirnya dapat disesuaikan dengan media yang dipilih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana khalayak memahami dan memaknai pesan iklan dalam media baru. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan analisis resepsi khalayak Stuart Hall dan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menemukan bahwa khalayak bersifat aktif dan teks media bersifat terbuka untuk dimaknai. Khalayak dewasa tidak serta merta menerima makna yang disampaikan oleh pembuat pesan, melainkan secara beragam dan berbeda-beda. Keberagaman pemaknaan tersebut dipengaruhi banyak faktor. Salah satu faktor yang terlihat adalah latar belakang sosial seperti pendidikan, pekerjaan, ekonomi dan pengalaman hidup. Kata kunci: komunikasi pemasaran terpadu, iklan, media baru, teknologi komunikasi, analisis resepsi

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-109
NIM/NIDN Creators: 55212120080
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran terpadu, iklan, media baru, teknologi komunikasi, analisis resepsi. CORCOM, KORPORATE KOMUNIKASI DAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: RIA SYAFITRI
Date Deposited: 02 Jul 2022 08:12
Last Modified: 06 Jun 2023 03:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/64364

Actions (login required)

View Item View Item