ARIFATUL AZQIYA, NORMA (2022) PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERNAL DALAM KEGIATAN WORK FROM HOME SUBBAGIAN TATA USAHA BADAN PUSAT STATISTIK KOTA SEMARANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.COVER_Norma_44218010152-.pdf Download (865kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK_Norma_44218010152...pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.BABI_Norma_44218010152.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
||
Text (BAB II)
04.BAB II_Norma_44218010152...pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
||
Text (BAB III)
05.BAB III_Norma_44218010152.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (BAB IV)
06.BAB IV_Norma_44218010152 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
07.BAB V_Norma_44218010152.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSTAKA_Norma_44218010152.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09.LAMPIRAN_Norma_44218010152.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
||
Text
Jurnal_Norma_44218010152.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) |
Abstract
Covid-19 telah menyebabkan adanya penerapan kebiasaan baru dalam dunia perkantoran. Salah satunya adalah Badan Pusat Statistik Kota Semarang yang sejak Maret 2020 hingga saat ini tahun 2021 masih memberlakukan sistem kerja work from home. Sistem work from home menyebabkan komunikasi internal yang pada awalnya secara langsung berubah menjadi berbasis media digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi internal selama kegiatan work from home Subbagian Tata Usaha Badan Pusat Statistik Kota Semarang serta untuk mengetahui hambatan-hambatan komunikasi internal selama kegiatan work from home Subbagian Tata Usaha Badan Pusat Statistik Kota Semarang. Komunikasi internal menurut Lawrence D. Brennan (dalam Effendy & Uchajana, 2011:122) merupakan pertukaran gagasan (secara horizontal dan vertikal) yang terjadi di antara para administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan atau organisasi yang bertujuan tercapainya tujuan perusahaan. Dalam komunikasi internal terdapat tiga bentuk jalur komunikasi internal (Effendy & Uchajana, 2011:123) yaitu komunikasi vertikal, horizontal dan diagonal. Dalam pelaksanaan komunikasi internal tidak luput dari adanya hambatan-hambatan komunikasi yang mempengaruhi proses penerimaan pesan. Paradigma penelitian yang digunakan adalah post-positivisme. Dengan metode penelitian deskriptif melalui pendekatam kualiatatif. Teknik pengumpulan data primer yaitu wawancara semi terstruktur dan data sekunder dengan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan dalam pelaksanaan komunikasi internal di subbagian tata usaha Badan Pusat Statistik Kota Semarang selama work from home terdapat bentuk komunikasi vertikal, komunikasi horizontal dan komunikasi diagonal. Pada pelaksanaan komunikasi internalnya mengalami beberapa hambatan komunikasi. Hambatan komunikasi yang dialami adalah hambatan dalam kecepatan merespon, perbedaan persepsi, kesalahan penulisan, jaringan, aplikasi yang kadang lama, cuaca yang mempengaruhi jaringan, dan pemilihan kata. Keyword: Komunikasi, Internal, Work From Home, Tata Usaha, Badan Pusat Statistik.
Actions (login required)
View Item |