WIBOWO, AULIA NOVI (2019) IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI KETEPATAN WAKTU LULUS MAHASISWA BERDASARKAN LAMA BERMAIN GAME ONLINE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
Template-Jurnal-Yudisium-Aul.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
Abstract
Increasingly sophisticated technological advances affect someone in playing. Games refer to modern games that are currently popular, made as attractive as possible so that someone gets their own satisfaction. Not a few of the students who participate in playing games, especially in mobile devices that are currently booming. This can affect student academic performance and influence graduation. In this study used student academic data such as gender, social studies scores, GPA, and also how long it took to play online games in a day, to determine the characteristics of graduation predictions for students. C4.5 algorithm is one of the data mining techniques by forming decision trees. The concept in this decision tree is to collect data which will then be calculated from the entropy and gain to determine the rule to be tested on the testing data later. The final results of this study prove that the C4.5 algorithm can be applied in predicting student graduation. Key words: C4.5 Algorithm, Data Mining, Student Graduation, Classification Kemajuan teknologi yang semakin canggih mempengaruhi seseorang dalam bermain. Game mengacu pada permainan modern yang saat ini sedang populer, dibuat semenarik mungkin sehingga seseorang mendapatkan kepuasan tersendiri. Tidak sedikit dari kalangan mahasiswa yang ikut serta bermain game, terutama dalam perangkat mobile yang sedang marak saat ini. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja akademik mahasiswa dan mempengaruhi kelulusan. Pada penelitian ini digunakan data akademik mahasiswa seperti jenis kelamin, nilai IPS, IPK, dan juga berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain game online dalam sehari, untuk menentukan karakteristik prediksi kelulusan pada mahasiswa. Algoritma C4.5 merupakan salah satu teknik data mining dengan membentuk pohon keputusan. Konsep pada pohon keputusan ini yaitu mengumpukan data yang selanjutnya akan di hitung nilai dari entropy dan gain untuk menentukan rule yang akan diuji pada data testing nanti. Hasil akhir dari penelitian ini membuktikan bahwa algoritma C4.5 bisa diterapkan dalam memprediksi kelulusan mahasiswa. Kata kunci: Algoritma C4.5, Data Mining, Kelulusan Mahasiswa, Klasifikasi
Actions (login required)
View Item |