EVALUASI PERUBAHAN PRODUK DARI ALKOHOLMENJADI NON ALKOHOL TERHADAP VOLUME PENJUALAN SODA ICE PADA PT. DELTA DJAKARTA, Tbk.

HUSNA, RONIA (2006) EVALUASI PERUBAHAN PRODUK DARI ALKOHOLMENJADI NON ALKOHOL TERHADAP VOLUME PENJUALAN SODA ICE PADA PT. DELTA DJAKARTA, Tbk. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
03 Pernyataan.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04 Pengesahan.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05 Kata Pengantar.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Industri minuman ringan berkarbonisasi (soft drink) di Indonesia pada saat ini mengalami perkembangan pesat. Selain ditandai dengan adanya perusahaan-perusahaan yang melakukan pengembangan dan perluasan industri minuman di Indonesia, juga terlihat dengan permintaan pasar akan konsumsi soft drink yang meningkat dari tahun ke tahun. Produk Shanta Super Shandy PT. Delta Djakarta, Tbk telah > 15 tahun diluncurkan (1988) sebagai minuman Shandy (Alkohol 1 %), awalnya cukup diterima pasar, namun perkembangannya lambat laun makin menurun, kemudian Agustus 2003 produk Shanta Super Shandy dirubah menjadi produk Soda Ice (Non Alcohol) yang bermain di segmen pasar soft drink. Pemasaran Shanta Shandy / Soda Ice di Indonesia selama ini mengandalkan jalur pemasaran secara tradisional yang memang sudah sejak lama ada dengan keberadaan PT. Delta Djakarta, Tbk (PTD) diIndonesia, > 74 tahun ( 1932), terobosan pasar terus dilakukan oleh managemen PTD., namun usaha ini perlu memperhatikan adanya pesaing utama / market leader soft drink yang cukup kuat dan telah mendahului menguasai pasar misalnya Coca Cola, Fanta, Teh Botol Sostro. Kebijakan perubahan produk dari Shanta Shandy (alkohol) menjadi Soda Ice (non alkohol) inilah yang akan penulis evaluasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh perubahan produk dari alcohol menjadi non alkohol terhadap volume penjualan Shanta / Soda Ice pada PT. Delta Djakarta, Tbk (PTD). 2) untuk mengetahui strategi segmentasi, targeting dan positioning (STP) Shanta / Soda Ice pada PT. Delta Djakarta, Tbk. (PTD) dan 3) untuk mengetahui Strategi 4 P / Marketing Mix (Product, Price, Place & Promotion) Shanta / Soda Ice pada PT. Delta Djakarta, Tbk (PTD) (sebelum dan sesudah perubahan produk). Hasil dari analisis deskriptif pada evaluasi kebijakan perubahan produk dari alkohol menjadi non alkohol terhadap volume penjualan Shanta Shandy / Soda Ice pada PT. Delta Djakarta, Tbk (PTD) nampak bahwa volume penjualan meningkat dengan perubahan menjadi non alcohol, hal ini selain di dukung oleh kondisi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam (mengharamkan alkohol), juga karena dengan perubahan menjadi non alcohol, Soda Ice dimungkinkan untuk pengelolaan 4.P. (product, price, place dan promotion) yang lebih efektif dan lebih luas, juga dengan positioning ini segmentasi dan targeting menjadi sangat luassehingga pangsa pasar yang dijaring juga lebih banyak, hal ini menimbulkan volume penjualan pertahun meningkat. PT. Delta Djakarta, Tbk. (PTD) sebagai salah satu produsen soft drink di Indonesia perlu melakukan langkah antisipasi dalam menghadapi persaingan. Langkah-langkah antisipasi yang telah dilakukan oleh PTD adalah menciptakan Soda Ice yang memiliki kualitas produk yang terjaga dengan estándar mutu yang tinggi SHE yaitu produk yang unik dan memiliki cita rasa tersendiri (produk diferensiasi).

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-055
NIM/NIDN Creators: 5510411161
Uncontrolled Keywords: mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MYTHA ALVIANA SARI
Date Deposited: 04 Jun 2022 05:12
Last Modified: 18 Jul 2022 07:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62609

Actions (login required)

View Item View Item