PERAN HUMAS DALAM LOBBY DAN NEGOSIASI UNTUK MEMPERTAHANKAN MITRA KERJA PADA PT ISENTRIC INDONESIA

DWIDJAYANTI, ADISTY (2022) PERAN HUMAS DALAM LOBBY DAN NEGOSIASI UNTUK MEMPERTAHANKAN MITRA KERJA PADA PT ISENTRIC INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)

Abstract

PT Isentric Indonesia is engaged in the business of providing softwarebased telecommunications and cellular technology in the form of advertisements on social media that collaborate with public figures as corporate partners to create content or images, the need for public relations as a liaison between companies and partners in the company has a major role in achieving this. a harmonious relationship so that the existing lobbying and negotiations run smoothly, good communication with partners is needed so that the continuity of cooperation between the two of them can be maintained. This research is descriptive qualitative using the post-positivism paradigm. There are 4 informants in this study consisting of 2 key informants and 2 informants, all of whom act as sources, who are then tested for the validity of the data by means of triangulation checking techniques. Data analysis techniques using interactive analysis techniques consisting of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results show that the role of public relations as a communicator with the partners of PT Isentric Indonesia is very useful for the long-term success of the company, this is because public relations is the only division that is tasked with and responsible for establishing good relations between the company and its partners. The conclusion of this study is that the successful role of public relations in lobbying and negotiating as a communication facilitator with work partners can carry out the lobbying and negotiation process which is quite difficult, because the company does not always want what the partners want, and vice versa. However, public relations can successfully maintain existing partners, so that public relations as a communication facilitator can be fulfilled properly. Keywords: lobby, negotiation. PT Isentric Indonesia bergerak dalam bisnis penyediaan telekomunikasi dan teknologi seluler berbasis perangkat lunak berupa iklan di sosial media yang menjalin kerjasama dengan public figure sebagai mitra kerja perusahaan untuk membuat konten atau image, perlunya humas sebagai penghubung perusahaan dengan mitra kerja dalam perusahaan memiliki peran besar terkait tercapainya hubungan harmonis agar lobi dan negosiasi yang ada berjalan dengan lancar dibutuhkan komunikasi yang baik dengan mitra kerja agar keberlanjutan kerjasama antara keduanya tetap terjalin. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang menggunakan paradigma post-positivisme, Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 yang terdiri dari 2 orang key informan dan 2 informan yang semuanya bertindak sebagai narasumber yang selanjutnya diuji keabsahan datanya dengan teknik pemeriksaan triangulasi. Teknik analisis data yang menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas sebagai komunikator dengan para mitra kerja PT Isentric Indonesia sangat berguna untuk jangka panjang kesuksesan perusahaan, hal ini karna humas satu satunya devisi yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan pihak mitra kerja. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa keberhasilan peran humas dalam melakukan lobi dan negosiasi sebagai fasilitator komunikai dengan para mitra kerja dapat melaksanakan proses lobby dan negosiasi yang terbilang cukup sulit, karena tidak selalu apa yang diinginkan mitra dapat dipenuhi perusahaan dan sebaliknya. Namun demikian humas dapat berhasil mempertahankan mitra kerja yang ada, sehingga humas sebagai fasilitator komunikasi dapat dipenuhi dengan baik. Kata kunci: lobi, negosiasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 002
Call Number: SK/42/22/068
NIM/NIDN Creators: 44216120084
Uncontrolled Keywords: lobi, negosiasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Relationship of Libraries/Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Relationship of Libraries/Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi > 021.2 Relationship with the Community/Hubungan Perpustakaan dengan Masyarakat
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Jun 2022 03:14
Last Modified: 14 Oct 2023 04:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62539

Actions (login required)

View Item View Item